APBD untuk Desa Masih Dimatangkan

APBD untuk Desa Masih Dimatangkan

LUBUK SANDI, BE - Rencana program pemberian alokasi dana untuk desa sebesar 10 persen dari APBD Seluma, belum pasti dapat direalisasikan tahun depan. Pasanya, hingga kini menjelang pembahasan anggaran untuk APBD 2013 oleh DPRD Seluma, program tersebut masih belum matang. Untuk dapat direalisasikan, masih diperlukan komitmen Pemkab Seluma sendiri serta dorongan dari masyarakat desa dan para kepala desa.

Plt Bupati Seluma, H Bundra Jaya SH MH tak menampik perihal tersebut. Diakuinya, terkait wacana tersebut, hingga kini dirinya masih mendengar aspirasi masyarakats ecara luas terkait untuk menentukan realisasi pemberian otonomi pengolaan dana 10 persen APBD kepada desa itu. Jika wacana yang telah dilontarkannya sejak beberapa waktu lalu itu, bakal mendapat dukungan masyarakat luas, maka ia pun berkomitmen untuk merealisaskannya.

”Bagaimana masyarakat, mau atau bagaimana dengan wacana kita ini. Memang rencana program ini perlu kita beritahukan dulu kepada masyarakat, supaya ketika nanti direalisasikan dapat sukses sesuai dengan apa yang kita harapkan,” kata Bundra Jaya dalam sebuah pidatonya di Desa Tumbuan Kecamatan Lubuk Sandi, Seluma belum lama ini.

Dijelaskan Bundra Jaya, jika memang masyarakat menginginkan program tersebut, maka diasumsikan antara Rp 40 miliar sampai 50 miliar APBD Seluma tahun depan akan dibagikan ke seluruh desa dan kelurahan. Karena prediksi APBD Seluma tahun 2013 mendekati angka Rp 500 miliar. Selanjutnya, dana yang berlimpah yang diberikan ke desa itu pengelolaan dan pertanggungjawabannya diserahkan sepenuhnya kepada desa.

”Kalau ini berjalan, kita cukup menyiapkan pendamping program untuk desa. Yang mengelola dan mempertanggungjawabkan dana 10 persen APBD itu semua desa dan kelurahan itu sendiri,” katanya. (444)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: