Puskesmas Rawat Inap Perlu Ditambah

Puskesmas Rawat Inap Perlu Ditambah

PINANG BELAPIS, BE - Sebagian masyarakat Kabupaten Lebong yang bertempat tinggal di desa terpencil mengharapkan agar pemkab setempat menambah jumlah Puskesmas rawat inap. Pasalnya, jika ada anggota keluarga mereka yang sakit, harus pergi ke Puskesmas yang ada fasilitas rawat inap atau ke RSUD di Kabupaten Lebong. \"Pemkab perlu menambah puskesmas rawat inap agar pelayanan kesehatan masyarakat kurang mampu bisa lebih maksimal.

Sehingga kalau mencari tempat berobat pada tengah malam, masyarakat didesa kami tidak harus ke Puskesmas Muara Aman,\" harap Warno (43) salah satu warga Desa Tambang Sawah Kecamatan Pinang Belapis kepada wartawan kemarin.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lebong saat dikonfirmasi mengatakan jika untuk saat ini tempat pelayanan kesehatan yang ada di desa Tambang sawah ini baru berupa Pusat kesehatan terpadu (Pustu) dan jika memerlukan pelayanan kesehatan yang lebih baik terpaksa berobat ke puskesmas terdekat yakni ke Puskesmas Katenong. Sebelumnya dr Iwan Suwarsa mengungkapkan bahwa di Desa Lebong Tambang dan Desa Tambang Sawah, masyarakatnya rentan terkena penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA).

Hal ini terjadi karena mayoritas penduduk kedua desa ini bekerja sebagai sebagai penambang emas tradisioanal. Dimana setiap harinya asyarakat mencari nafkah dengan menggali bebatuan Emas di dalam lobang.

\"Ya saat ini untuk warga Desa Tambang Sawah hanya ada Pustu, dan puskesmas terdekatnya di Desa Ketenong. Memang dari data yang dimiliki dinas kesehatan, penduduk dari desa ini rentan tekena penyakit ISPA. Kondisi ini tidak terelakkan Karena sebagian besar Warga bekerja di dalam lobang Tambang yang kondisinya cukup pengap. Akibat kondisi tempat kerja yang demikian maka biasanya penyakit yang paling rentan terjadi yakni penyakit paru-paru dan ISPA. Dengan kondisi seperti ini sangat layak jika di desa ini dibangun puskesamas rawat inap,\" kata Iwan.

Selain itu, Bupati Lebong H Rosjonsyah SIP saat dikonfirmasi wartawan mengungkapkan jika Pemkab Lebong akan mengupayakan penambahan puskesmas, terutama untuk puskesmas rawat inap. Daerah yang menjadi prioritas pembanguan Puskesmas Rawat Inap ini yakni di Desa Lebong Tambang Kecamatan Lebong Utara dan Desa Tambang Sawah Kecamatan Pinang Belapis. (777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: