Jaring Apung Diprogramkan di Danau Tes

Jaring Apung Diprogramkan di Danau Tes

TUBEI, BE -  Sebanyak 6 kelompok Unit Pembenihan Rakyat (UPR) yang ada di Kecamatan Lebong Sakti mendapatkan pembinaan dari Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Lebong. Ini agar kedepannya kelompok tersebut dapat menjadikan Kabupaten Lebong ini sebagai lumbung bibit ikan. Ini diungkapkan Plt Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Lebong Sumiati SP kepada wartawan kemarin.

\"Guna meningkatkan produksi ikan di Kabupaten Lebong dan menjadikan Lebong sebagai sentra ikan, maka kita akan mengoptimalkan kelompok pembudidayaan ikan dan Unit Pembenihan Rakyat (UPR) yang akan dilakukan di Kecamatan Lebong Sakti. Selain itu, untuk program, kita akan kembali membuat jaring apung di Danau Tes. Sebab di sana untuk potensinya sangat bagus dikembangkan semacam jaring apung tersebut,\" jelas Sumiati.

Dikatakan Sumiati, dengan adanya kelompok unit pembenihan rakyat ini diharapkan kebutuhan benih ikan dapat disedikan oleh kelompok. Sebab, selama ini untuk bibit ikan di Kabupaten Lebong terpaksa masih mengambil dari wilayah Kabupaten Bengkulu Utara maupun dari wilayah Lubuk Linggau. \"Minimal kebutuhan bibit ikan dari masing-masing anggota kelompok bisa terpenuhi terlebih dahulu. Ini tentunya akan mengurangi permodalan bagi anggota kelompok itu sendiri ketika mereka beternak ikan. Harapan kita kedepannya dengan adanya kelompok pembenihan ini kebutuhan peternakan ikan bagi yang lain bisa diambil dari UPR ini,\" kata Sumiati.

Selain itu, Sumiati juga mengatakan pihaknya mengoptimalkan kelompok pembudidayaan ikan tersebut agar produksi ikan di Lebong terus meningkat. Untuk pembudidayaan ikan yang dilakukan melalui program jaring apung yang rencananya berlokasi di Danau Tes tersebut akan diserahkan kepada kelompok budidaya ikan yang berada di wilayah tersebut. Sebab mereka tentunya lebih paham dan mengerti bagaimana kondisi yang ada di Danau Tes tersebut. \"Kita juga akan membantu kelompok budidaya ini paska produks,\" pungkas Sumiati.(777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: