Hari ini, Pawai Mobil Hias dan MTQ

Hari ini, Pawai Mobil Hias dan MTQ

\"\"CURUP, BE - Hari ini, gebyar Muharam dan MTQ tingkat kabupaten Rejang Lebong, yang menjadi salah satu program non fisik akan resmi digelar.  Kegiatan ini akan diawali dengan kegiatan pawai pejalan kaki dan mobil hias. Kabag Administrasi Kesra M Dait kepada Bengkulu Ekspress menerangkan, mulai pukul 07.30 WIB, pembukaan gebyar muharam resmi dilaksanakan, kediatan tersebut diawali dengan pawai ribuan pejalan kaki dan puluhan kendaraan hias akan melintas di jalan MH Thamrin dan Jalan Merdeka. \"Pembukaan akan berlangsung di Lapangan Setia Negara Curup, dan siang harinya langsung dimulai lomba MTQ,\" terangnya.

Dalam pawai di perkirakan diikuti ribuan masyarakat Rejang Lebong hingga ke tingkat desa/kelurahan dibagi menjadi dua kelompok.  Yang pertama, kata M Dait, seluruh peserta pawai baik diikuti oleh kendaraan dan pejalan kaki, akan start di halaman hotel wisata Kelurahan Air Rambai.  Kemudian, pejalan kaki melintasi jalur  Kelurahan Air Rambai, menuju Simpang Lebong lampu merah, Jalan Kartini dan tembus langsung ke lapangan Setia Negera.  Sementara itu, bagi pawai kendaraan dari simpang Lebong langsung menuju Pasar Tengah, kemudian masuk simpang lampu merah Kelurahan Sukaraja, masuk ke Kelurahan Kampung Jawa dan Pasar Atas dan tembus ke lapangan Setia Negara.  \"Usai dibuka, sorenya langsung dimulai berbagai macam lomba yang sudah disiapkan oleh pantia hingga malam hari,\" jelasnya.

Selain lomba baca Al-Qur\'an, juga akan diselenggarakan puluhan mata lomba kesenian dan keterampilan bernuansa Islam.  Contohnya Pildacil, barzanji, hingga puncaknya ceramah yang akan disampaikan ustad kondang nasional Fikri Haikal MZ. Sementara itu, untuk Bazar yang juga digelar untuk meramaikan perayaan 1 Muharam, pantia sudah menyiapkan 70 tenda khusus, dan hingga saat ini sudah terisi sebanyak 65 stand.  \"Kalau informasi terakhir, dari 70 tenda yang disiapkan, sudah terisi 65, dan masih ada sisa 5 mungkin sore ini sudah terisi,\" akunya.

Sementara itu, Zikir akbar dan Istigosah sekitar pukul 09.00 WIB kemarin berlangsung di Masjid Agung Baitul Makmur Jalan Sukowati Curup, dihadiri ribuan masyarakat, dinas,instansi, SKPD dan pejabat di hadiri Bupati Rejang Lebong H Suherman dan Ketua TP PKK Rejang Lebong Hj Susilawati, Rabu (13/11).

Pantauan wartawan, kegiatan ini diikuti antusias oleh masyarakat, membuat ruangan masjid tidak mampu menampung jemaah hingga panitia harus menambah alas diluar masjid untuk menampung para warga yang ingin zikir bersama. \"Ada sekitar 2 ribu lebih peserta zikir yang hadir untuk mengikuti zikir akbar menyambut dan mengawali tahun baru hijriah 1433 ini,\" terang Dait.

Sementara itu, Bupati Rejang lebong H Suherman dalam sambutanya meminta pada masyarakat dapat menyambut datanya tahun baru islam 1433 Hijriah ini, dengan iman dan taqwa yang semakin kuat. Kemudian, sambung BUpati, segala peramalan yang baik bisa terus ditingkatkan, dan mengurangi setiap perbuatan-pebuatan jelek yang sebelumnya telah dilakukan. \"Dengan tahun baru Islam ini diharapkan kita bisa meningkatkan iman dan taqwa kita serta menjadikan diri kita sebagai pempimpin dan contoh bagi keluarga, masyarakat bangsa dan negara,\" harapnya.

Bupati juga mengajak pada masyarakat Rejang Lebong membangun dan menjadikan Rejang Lebong sebagai salah satu kabupaten yang berahlak mulia dan memajukan kehidupan beragama yang baik dan tentram.  \"Mari bangun Rejang Lebong agar lebih baik dari sebelumnya, dengan menginstrospeksi diri masing-masing sebagai motif untuk kemajuan dimasa datang,\" ajak bupati. (999)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: