PAD SKPD di Bengkulu Utara Ditargetkan Naik 5%

PAD SKPD di Bengkulu Utara Ditargetkan Naik 5%

ARGA MAKMUR, BE - Walaupun capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun ini belum optimal pencapainnya. Tahun depan pemerintah daerah menargetkan kenaikan pencapaian PAD setiap SKPD mengalami penambahan 5%. Salah satu upaya yang dilakukan, antara lain dengan melakukan peningkatan potensi beberapa sektor andalan.

\"Meski tahun ini masih ada beberapa SKPD belum tercapai PAD nya,kita harapkan kinerja lebih di genjot lagi.Selain itu, ada beberapa yang kinerjanya optimal karena mencapai over target seperti Dukcapil, dan Desperindag,\" kata Kadispenda Roslahayani SPd, saat menggelar rapat di ruang pola, kemarin.

Secara rutin, SKPD harus melaporkan penerimaan laporan PAD setiap bulan agar tidak terjadi kesalahan data atau perselisihan data di Dispenda. Mengenai potensi yang diperkirakan telah berkembang cukup pesat antara lain pada potensi dinas Dukcapil, Dinkes, retribusi pasar, IMB dan lainnya.Penataan dan pembenahan akan dilakukan untuk instansi yang capaian targetnya belum mencapai 50%.\"Yang masih jauh dari target pencapainya, semestinya harus ditingkatkan hingga akhir tahun ini,\" jelasnya.

Di sisi lain, Sekretaris Daerah Drs Said Idrus Albar MM mengatakan optimalisasi konstribusi sejumlah potensi PAD yang ada. Pemkab terusĀ  melakukan pembinaan manajemen, dan pengawasan ketat. Harapannya, pada masa mendatang potensi yang dapat meningkatkan PAD yang dimiliki Bengkulu Utara semakin berkembang.\"SKPD harus pandai mencari solusi capaian PADnya agar mengalami peningkatan,\" tegas Idrus.

Selain itu, mengenai pencapaian PAD di sejumlah dinas/instansi di bawah 50% dari target yang ditetapkan jelas menjadi persoalan serius. Hal ini dinilai kinerja SKPD bersangkutan tidak optimal dalam menggali sektor pendapatan yang ada. Terlebih dalih tidak tercapainya PAD dikarenakan kendala di lapangan yang pada dasarnya merupakan persoalan klise bagi SKPD tersebut.(117)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: