Panggung Seru Bintang Baru

Panggung Seru Bintang Baru

Barcelona v Real Madrid \"el

BARCELONA - Estadio Camp Nou malam nanti menjadi arena duel pertama Barcelona versus Real Madrid musim ini. Hingga laga kesembilan Primera Division, Barca -sebutan Barcelona- memuncaki klasemen dan hanya unggul tiga angka (25-22) atas Real di peringkat ketiga.

Artinya, El Clasico kali ini bakal seru. Kedua tim tentu tidak ingin terjegal. Atletico Madrid (24 angka) yang ada di posisi kedua berpeluang naik takhta jika laga di Camp Nou gagal menghasilkan pemenang.

Tingginya rivalitas El Clasico edisi ke-224 itu tak hanya menyangkut persaingan posisi di klasemen Gengsi dan prestise untuk menunjukkan siapa tim terbaik dan siapa individu terhebat juga dipertaruhkan.

Jika El Clasico beberapa tahun sebelumnya hanya didominasi Lionel Messi (Barca) dan Cristiano Ronaldo (Real), kali ini ada bintang baru dari tiap tim. Yakni, Neymar (Barca) dan Gareth Bale (Real).

Sebagai pemain termahal dunia dengan harga EUR 91 juta atau lebih dari Rp 1,4 triliun, Bale -sekaligus Neymar yang berbanderol EUR 57 juta (Rp 877,5 miliar)- ikut mengerek market value El Clasico sebagai duel senilai Rp 18,5 triliun. Itu dihitung dari market value skuad masing-masing (Real Rp 9,3 triliun dan Barca Rp 9,2 triliun).

Sejauh ini Neymar beradaptasi lebih baik ketimbang Bale. Striker 21 tahun asal Brasil itu telah menjalani 13 laga dan mencetak 3 gol di berbagai ajang. Sebaliknya, Bale baru lima kali diturunkan dan hanya mengemas sebiji gol. Tapi, secara statistik, Bale mungkin lebih efektif dalam gol.

Membandingkan siapa yang terbaik di antara Neymar dan Bale akan lebih fair saat keduanya saling berhadapan. Penggemar Bale bisa lega karena winger 24 tahun asal Wales itu mendapat garansi bisa bermain sejak menit awal dari pelatih Real Carlo Ancelotti. \"Kondisi (fisik) Gareth semakin baik dan dia akan bermain starter,\" kata Ancelotti seperti dilansir Sambafoot.

Selain Neymar dan Bale, Ancelotti dan pelatih Barca Gerardo Martino akan menjalani debut dalam El Clasico. \"Saya tahu pentingnya laga ini (El Clasico) bagi Barca. Kami siap perform,\" kata Tata, sapaan akrab Martino, kepada Sport.

Bukan hanya kedua tim yang mempersiapkan diri, stasiun televisi pemegang hak siar El Clasico, Mediapro, juga berusaha memberikan servis terbaik. Stasiun televisi yang berbasis di Barcelona itu bakal menerjunkan 300 staf, 8 mobil SNG, serta 34 kamera (termasuk kamera super-slow motion). El Clasico dini hari nanti disiarkan di 138 negara.

Besarnya sorotan atas El Clasico juga membawa dampak komersial bagi kedua tim. Barca sudah jelas memperoleh pendapatan dari penjualan tiket dan hak siar televisi.

Bagaimana dengan Real? Seperti dilansir El Confidencial, orang nomor satu terkaya dunia Bill Gates dikabarkan tengah bernegosiasi dengan Real agar perusahaannya, Microsoft, menjadi nama baru kandang Real, Santiago Bernabeu.

Demi mendapatkan dana tambahan untuk merenovasi Bernabeu, Real sejak musim lalu membuka lowongan bagi investor untuk membeli hak atas nama stadion yang diresmikan pada 14 Desember 1947 tersebut. Sama dengan Stadion Etihad milik Manchester City maupun Stadion Emirates kandang Arsenal. (dns/c10/ca)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: