Honda Pertahankan Posisi Raja Bebek
BENGKULU, BE - Kualitas andal yang dimiliki sepeda motor Honda makin diakui masyarakat. Berbagai produk Honda terus meraih sejumlah penghargaan dari berbagai lembaga. Karena itu juga tak heran, selama bertahun-tahun Honda selalu merajai pasar sepeda motor di Indonesia. Salah satu produk sepeda motor Honda yang kerap meraih penghargaan adalah Honda Revo. Meskipun berada di segmen terendah dan termurah dari seluruh produk yang dikeluarkan Honda, Revo yang dilepas ke pasar dengan harga termurah Rp 11 juta itu, ternyata bisa membuktikan kualitasnya. Baru-baru ini, motor cub low (bebek kelas bawah) tersebut terpilih sebagai merek terbaik kategori sepeda motor bebek dalam ajang Indonesia Best Brand Award (IBBA) 2013 yang diselenggarakan lembaga riset MARS dan Majalah SWA. IBBA diberikan sebagai apresiasi bagi merek-merek yang dinilai terbaik di Tanah Air, sekaligus sebagai tolak ukur kinerja mereka di Indonesia. Penghargaan IBBA diukur melalui enam parameter yaitu popularitas merek, popularitas iklan, tingkat kepuasan dan loyalitas pelanggan, kualitas yang dirasakan, pangsa pasar, dan potensi pertumbuhan merek pada masa mendatang. Survei enam parameter itu dilakukan secara kuantitatif terhadap 2.638 responden personal dan 2.626 responden rumah tangga di tujuh kota besar di Indonesia yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar, dan Banjarmasin. Honda Revo mengalahkan banyak motor bebek merk lainnya seperti Yamaha Vega dan Jupiter, Suzuki Smash, Titan, dan Shogun), dan Kawasaki Blitz, ZX 130, dan Edge). Bebek Terlaris Honda Revo series memang tercatat sebagai model terlaris di antara sepeda motor bebek lainnya. Sepanjang delapan bulan pertama tahun ini, Honda Revo terjual 229.753 unit di seluruh Indonesia. Jika dihitung dari penjualan motor bebek Honda secara keseluruhan (termasuk Honda Blade dan Supra X), Honda masih memimpin pasar segmen motor bebek dengan 49,3 persen karena terjual sebanyak 591.002 unit. Chief Executive Astra Motor, Sigit Kumala mengatakan, Honda Revo sudah teruji keandalannya. Dijelaskan, meskipun Revo menyasar masyarakat kelas menengah ke bawah karena harganya paling murah, tetapi bukan berarti motor ini rendah kualitasnya. Buktinya, kata Sigit, motor ini terbukti andal dan sudah diuji dalam penjelajahan tiga pulau yang dilakukan 60 riders yang tergabung dalam Tim Ekspedisi Nusantara Honda Absolute Revo 2012 lalu. Tim ini berangkat dengan 10 sepeda motor Honda Absolute Revo dari Medan, Sumatera Utara pada 25 Mei 2012 lalu. Mereka mengarungi Pulau Sumatera lalu berlanjut ke ujung Pulau Jawa di Surabaya, kemudian menjelajahi Pulau Sulawesi. Perjalanan berakhir di Manado pada 16 Juni 2012 lalu. Dalam penjelajahan itu, dua rekor tercipta. Dua rekor yang tercatat dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) itu yakni Rekor Touring Motor Terjauh dengan jarak tempuh 6.688 kilometer dan Rekor Ketangguhan Mesin yang terus menyala tanpa henti selama 341 jam dalam rute Medan ke Surabaya. “Jadi, tidak hanya terbukti andal untuk jelajah jarak jauh, konsumsi BBM-nya pun sangat hemat. Memang motor Honda terkenal sebagai motor paling hemat BBM dan ramah lingkungan. Memang, itu menjadi misi kami yakni ikut peduli terhadap pelestarian lingkungan yang berkelanjutan,” tutur Sigit. Kuasai Bengkulu Dominasi Honda Revo juga terjadi di Bengkulu. Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), sepanjang Semester I tahun ini, Revo Series menempati posisi teratas motor bebek paling laku di Bengkulu. Dari total penjualan motor bebek (kelas cub low, cub mid, dan cub high) di Bengkulu sepanjang semester I 2013 sebanyak 7.312 unit, Honda Revo mencetak penjualan 2.537 unit. Posisi kedua ditempati Yamaha Vega dengan 1.647 unit, tempat ketiga ada Yamaha Jupiter dengan penjualan 1.181 unit, tempat keempat ada Honda Supra X dengan 733 unit, dan tempat kelima ada Honda Blade dengan penjualan 677 unit. Khusus kelas cub low dari total penjualan sebesar 4.502 unit, Revo memimpin pasar 56,4% dengan penjualan 2.537 unit. Posisi kedua ada Yamaha Vega Series dengan penjualan 1.647 unit (36,6%), lalu tempat ketiga ada Suzuki Smash Series dengan penjualan 63 unit (1,4%), sisanya merek-merek lain seperti Kawasaki sebanyak 4 unit (0,1%), TVS sebanyak 4 unit (0,1%), dan gabungan merek Tiongkok dengan total 247 unit (5,5%), sisanya merek lainnya. “Revo memang masih menjadi juara untuk kelas bebek di Bengkulu. Konsumen banyak memilih motor ini karena selain harganya murah, modelnya pun gaya. Tak hanya itu, motor ini sangat hemat BBM, tangguh digunakan di berbagai medan,” ujar Kepala Wilayah Main Dealer Astra Motor, Ronny Agustinus. Dijelaskan, banyak konsumen menggunakan sepeda motor itu sebagai alat transportasi untuk mendukung pekerjaan. Terutama bagi masyarakat di perkebunan. Motor Honda Revo tangguh digunakan di jalan-jalan perkebunan yang tidak rata sekalipun. “Konsumen sangat puas, karena selain harga terjangkau, motor ini berkualitas, modelnya pun bagus,” kata Ronny. (rel)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: