Probiotik Tingkatkan Kadar Vitamin D

Probiotik Tingkatkan Kadar Vitamin D

DENGAN mengkonsumsi suplemen probiotik yakni suatu suplemen mikrobial hidup, yang mempunyai pengaruh menguntungkan pada hospes/inang, dengan menjaga keseimbangan usus halus, maka dapat meningkatkan kadar vitamin D lebih dari 25 persen.

Kurangnya kadar vitamin D, meningkatkan kekhawatiran kurangnya penyerapan kalsium pada anak-anak, yang akhirnya dapat beresiko mengembangkan resiko rakhitis (pelunakan tulang pada anak-anak berpotensi menyebabkan patah tulang dan kelainan bentuk tulang), dan peningkatan osteoporosis pada orang dewasa.

Berbagai faktor dapat mengurangi tingkat penyerapan vitamin D, termasuk paparan sinar matahari yang terbatas, kulit gelap, obesitas, dan masalah dengan penyerapan atau kemampuan untuk mengkonversi vitamin D.

\"Penelitian ini menambah pengetahuan tentang microbiome (komunitas bakteri dalam usus) dan perannya dalam kesehatan manusia,\" kata penulis studi utama dan kepala ilmiah dari perusahaan Probiotik Micropharma Limited, Dr Jones, seperti yang dilansir laman Daily Mail.

\"Meskipun telah lama diketahui bahwa saluran pencernaan berperan aktif dalam penyerapan vitamin D, namun mengkonsumsi probiotik ternyata sangat bermanfaat bagi orang-orang dengan tingkat vitamin D rendah,\" katanya lebih lanjut.

Penelitian sebelumnya telah menemukan efek lain dari probiotik. Lactobacillus reuteri NCIMB, yang terkandung dalam probiotik, yang disebut 30.242, juga mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.(fny/jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: