Jemaah Haji Lebong Melontar Jumroh

Jemaah Haji Lebong  Melontar Jumroh

TUBEI, BE - Meskipun jemaah haji Indonesia sebagian besar sudah selesai melaksanakan prosesi ibadah haji di Armina, namun di Mina tempat melakukan lontar jumrah, masih banyak jemaah haji Indonesia terutama para jemaah Haji dari Kabupaten Lebong yang baru bisa melakukan lontar jumrah nafar akhir pada Minggu (28/10) kemarin.  Hal tersebut disampaikan Kepala Kementerian Agama Kabupaten Lebong Drs H Mulya Hudori MPd kepada wartawan, kemarin.

\"Sesuai jadwal, jemaah haji telah merampungkan tahapan proses haji yakni wukuf di Padang Arafah, Mabid di Muzdalifah dan melontar jumrah di Mina. Namun suasana di Mina masih disesaki jemaah haji termasuk jemaah dari Kabupaten Lebong, dan baru melaksanakan lontar jumrah nafar akhir,\" jelas Mulya.

Menurut Mulya, banyak dari jemaah haji Lebong yang memilih melontar jumrah nafar awal terutama mereka yang telah lanjut usia.  Alasannya sederhana, dengan usia sudah tua sulit buat mereka melaksanakan lontar jumrah nafar akhir karena memerlukan waktu lebih lama.

\"Nah setelah nafar awal dilaksanakan, para jamaah haji kemudian bertolak ke Masjidil Haram Mekkah untuk melaksanakan tawaf wada atau tawaf perpisahan. Karena waktunya bersamaan dengan jemaah haji dari negara lain, membuat jalan-jalan di Kota Mekkah macet total hingga berjam-jam,\" kata Mulya.

Selain itu, Mulya kembali mengatakan jika informasi terakhir mengenai kepulangan jemaah haji  Kabupaten Lebong yakni pada tanggal 9 November mendatang sudah tiba di Kabupaten Lebong.  Namun pihaknya saat ini masih melakukan koordinasi dengan Pemkab Lebong mengenai penjemputan kepulangan seluruh jemaah haji nantinya.

  \"Informasi terakhir, insya Allah seluruh jemaah haji tiba di Padang tanggal 8 November, kemudian diperkirakan setelah tiba para jemaah istirahat sejenak kemudian langsung pulang ke Lebong dan diperkirakan pada siang tanggal 9 November jemaah sudah tiba di Lebong. Mengenai penjemputan kita masih koordinasi dengan pihak Pemkab,\'\' pungkas Mulya. (777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: