Usai Ujian, Siswi SMA Melahirkan

Usai Ujian, Siswi SMA Melahirkan

TAIS, BE - Dunia pendidikan di Seluma kali ini benar-benar dibuat geger. Seorang siswi SMA kelas XII IPS di Kabupaten Seluma, melahirkan bayi setelah mengikuti kegiatan ujian Mid Semester. Siswi yang sehari-harinya berkerudung ke sekolah tersebut beirinisial Aa (16) warga Desa Rawa Sari di Seluma Kiri Kecamatan Seluma Timur.

Data terhimpun, hari terakhir Mid Semester sekolah Jumat (19/10) lalu. Anak yang postur tubuh agak gemuk tersebut masih mengikuti ujian mid sampai usai, kecuali ujian praktik renang. Sehari-hari selama 9 bulan belakangan, semua teman-teman AA dan guru di sekolah tersebut tak pernah menaruh curiga. Tak ada tanda-tanda kehamilan yang sedang dialami AA yang terlihat dengan kasat mata. Karena, tubuhnya yang gemuk itu selalu ditutup pakaian sekolah yang longgar disertai kerudung.

Siswa dan guru sekolah tersebut mulai heboh kemarin. Pasalnya, sejumlah teman AA menyampaikan informasi, jika AA sudah melahirkan setelah hari terakhir mid semester. Persalinan terjadi di rumah orang tua AA sendiri di Seluma kiri. Mendapati informasi mengagetkan itu, pihak sekolah pun kemarin melakukan kros cek untuk memastikan gosip itu. Al hasil, persalinan siswi tersebut pun 100 persen benar.

Tapi, sehari 2 hari lalu setelah persalinan, Aa pun diketahui langsung menjalani prosesi pernikahan dengan salah seorang pria yang diyakini sebagai bapak dari bayi laki-laki yang dilahirkan itu. Kepala SMA bersangkutan, Drs Bermansyah ketika diminta keterangannya,

”Kita benar-benar kecolongan. Karena kita sama sekali tidak tahu masalah ini sebelumnya. Kita menyesalkan hal ini. Tapi, kita tetap do’akan agar yang bersangkutan dapat melewati masalahnya itu dan mendapatkan solusi yang terbaik,” kata Bermansyah.

Terkait kebijakan menyikapi kasus tersebut, Bermansyah mengatakan sekolah tak disulitkan untuk mengeluarkan anak tersebut. Karena, pihaknya sudah mendapat konfirmasi dari anak bersangkutan maupun dari orang tuanya bahwa AA tidak akan kembali ke sekolah, demi menjaga nama baik sekolah.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Rawa Sari Ramlan dikonfirmasi terpisah, juga membenarkan perihal tersebut. Diakuinya, dari laporan warga diketahui bahwa AA melahirkan pukul 07.00 WIB Sabtu (20/10) lalu di kamar mandi, saat akan mandi untuk bersiap ke sekolah.

”Kita dari perangkat desa, mengambil langkah mencari laki-lakinya. Dan hasilnya laki-lakinya bertanggungjawab, lalu digelar acara akad nikah setelah persalinan,” katanya. (444)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: