Layanan Data Telkomsel Meningkat Signifikan
HARI Raya Idul Fitri 8 Agustus 2013, merupakan hari dimana masyarakat Indonesia bersama-sama merayakan hari yang dikenal dengan “HARI KEMENANGAN”. Berkomunikasi dengan akses komunikasi selular untuk bersilaturrahmi menjadi pilihan masyarakat Indonesia termasuk di Sumatera, hal ini dapat dilihat dari peningkatan layanan terutama layanan data Telkomsel. Executive Vice President Area Sumatera Telkomsel, Andreuw Th.Af mengatakan “Secara umum kualitas layanan Telkomsel sangat baik. Ini semua adalah hasil dari persiapan yang kami lakukan dengan meningkatkan kapasitas dalam skala besar, sehingga saat pelanggan memanfaatkan layanan Telkomsel dapat kami layani dengan maksimal”. Trafik layanan data di Sumatera meningkat menjadi 59 terabyte atau meningkat 24 persen dibandingkan trafik di hari normal. Peningkatan trafik data di periode lebaran salah satunya disebabkan karena semakin banyak pelanggan Telkomsel yang mengucapkan \"Selamat Hari Raya dan mohon maaf lahir batin\" melalui akses video streaming maupun jejaring sosial semisal Facebook dan Twitter hingga memanfaatkan beragam layanan chat messanger, seperti LINE, Whatsapp dan lain-lain. Pemanfaatan layanan BlackBerry Telkomsel yang mencakup aplikasi chatting, browsing, dan social media juga meningkat hingga 9,1 Gbps atau naik sekitar 10 persen dari hari normal. Andreuw menambahkan, “Semakin berkembangnya teknologi yang diiringi dengan inovasi layanan yang dilakukan Telkomsel, membuat pelanggan memiliki berbagai pilihan dalam bersilaturrahmi melalui akses telekomunikasi selular, salahsatunya adalah layanan data. Tingginya pemanfaatan layanan data di saat lebaran merupakan wujud tingginya kepercayaan pelanggan terhadap kualitas dan kapasitas jaringan broadband Telkomsel”. Trafik SMS Telkomsel di Sumatera mulai H-1 Lebaran sudah mengalami kenaikan signifikan hingga saat hari H Lebaran (8 Agustus 2013). Rata-rata SMS yang dilayani Telkomsel mencapai 175 juta SMS per hari. Jumlah ini meningkat 30 persen dari jumlah SMS di hari biasa. Kondisi tersebut mencerminkan performansi layanan komunikasi Telkomsel dalam kondisi yang sangat optimal saat hari H lebaran. Puncak trafik SMS tertinggi adalah pada H-1 Lebaran, sekitar pukul : 21.00wib hal ini dikarenakan pada jam tersebut pelanggan memanfaatkan momen untuk berikirim sms ucapan “SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1433 H”. Lonjakan trafik SMS tersebut telah dilayani dengan baik karena sudah diantisipasi Telkomsel dengan meningkatkan kapasitas yang sanggup memproses lonjakan tersebut. Berbeda dengan layanan data dan SMS, kecendrungan pengguna selular untuk mengucapkan SELAMAT IDUL FITRI menggunakan layanan suara dengan menelepon satu sama lain mengalami penurunan 7% dibanding hari normal biasa, namun jika dibandingkan tahun lalu, penggunaan layanan suara meningkat 25%. Melengkapi suksesi Telkomsel melayani pelanggan dari sisi jaringan, Telkomsel juga menyiapkan Posko TELKOMSELSiaga yang merupakan sinergi dengan berbagai mitra seperti ATPM Ponsel, retail outlet, termasuk juga dengan kepolisian pada sejumlah titik yang ada di Sumatera, ini merupakan wujud komitmen Telkomsel agar pelanggan dan masyarakat dapat menikmati beragam program yang menarik dan nyaman dengan didukung kualitas jaringan yang handal. PoskoTelkomsel siaga sudah beroperasi dari H-7 hingga H+7 hari Raya Idul Fitri 2013 dan secara umum posko ini terdiri dari : 1. Posko Mudik Lebaran Di posko ini pelanggan bisa mendapatkan layanan Perdana nomor cantik simPATI dan Kartu As, Isi ulang pulsa, gimmick hadiah langsung, aktivasi layanan broadband Telkomsel harga special dan penjualan HP 3G murah 2. GraPARI Siaga Kantor layanan GraPARI Telkomsel yang ada di Sumatera tetap melayani pelanggan seperti ganti kartu, open blokir, aktivasi produk, penjualan kartu perdana, voucher, fitur dan bundling dan lainnya. 3. Posko Outlet Siaga dan Posko Outlet Siaga Mandiri Posko yang merupakankerjasama dengan para mitra dealer. Khusus untuk posko ini sebagian bersifat menetap dan sebagian lagi bergerak/mobile, dimana posko ini lebih banyak melakuakn kegiatan penjualan, baik kartu perdana, voucher maupun bundling handset. Performansi Layanan Data Telkomsel secara Nasional Pemantauan Telkomsel pada H+1 Lebaran (9/8) mencatat penggunaan layanan data sebesar 268,25 TB (Terabyte) secara nasional atau setara dengan kenaikan sebesar 14,37% dibandingkan dengan hari normal di tahun 2013, dimana Area Sumatera dan Jawa Bali (meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali Nusra) yang merupakan tujuan mudik utama masih mendominasi porsi kenaikan penggunaan data, yakni 19,31 %dan 35,91%. Bila dibandingkan dengan Lebaran tahun 2012, angka kenaikan penggunaan data bahkan jauh lebih besar yaitu 86,26%. Hal ini sesuai dengan kecenderungan penggunaan layanan data yang semakin tinggi dibandingkan dengan layanan dasar, dimana dapat terlihat pula terjadinya penurunan yang cukup signifikan pada layanan SMS danvoice yakni 24,49% dan 16,26% dibandingkan rata-rata penggunaan di hari biasa tahun 2013. Pemantauan trafik yang dilakukan Telkomsel sejak H-3 hingga H+1 Lebaran 2013 juga mencatat terjaganya tingkat keberhasilan koneksi data dan tingkat kesuksesan penyampaian SMS diatas 99,8%, yang merefleksikan tidak adanya masalah yang berarti dan secara umum pelanggan dapat menikmati layanan dengan nyaman.b
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: