Kunjungan Turis Asing Cetak Rekor

Kunjungan Turis Asing Cetak Rekor

JAKARTA - Ketika angka inflasi dan ekspor yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) kurang menggembirakan, ada satu kinerja yang justru cemerlang, yakni kunjungan wisatawan mancanegara atau turis asing. Kepala BPS Suryamin mengatakan, sepanjang Juni 2013, jumlah kunjungan turis asing ke Indonesia mencapai 789.594 lawatan.

\"Ini merupakan yang tertinggi sepanjang sejarah industri pariwisata Indonesia,\" ujarnya Kamis (1/8).

Data BPS menunjukkan, angka tersebut naik 12,69 persen dibanding periode Mei 2012 yang mencapai 700.708 kunjungan. Jika dibanding periode Juni 2012 yang hanya 695.531 kunjungan, berarti pada Juni lalu naik 13,52 persen.

Menurut Suryamin, secara musiman, jumlah kunjungan turis asing pada Juni memang selalu naik seiring dengan musim liburan di berbagai negara. \"Tahun ini kunjungan lebih tinggi karena banyak event di Indonesia,\" katanya.

Bali masih menjadi magnet utama penarik turis asing. Ini terlihat dari jumlah turis asing yang masuk melalui pintu Bandara Ngurah Rai yang konsisten menempati posisi tertinggi. Pada Juni 2013, jumlah turis asing yang mengunjungi Pulau Dewata tercatat 275.452 orang, naik dibandingkan kunjungan Mei yang sebanyak 244.874 orang.

Posisi ke dua dalam daftar pintu masuk turis asing pada Juni 2013 adalah Bandara Soekarno-Hatta dengan jumlah kunjungan 211.118 orang, disusul Batam 126.277 orang, Pelabuhan Tanjung Uban (Bintan) 30.164 orang, lalu Bandara Juanda Surabaya 19.898 orang, dan Bandara Husein Sastranegara (Bandung) 16.498 orang.

Suryamin menyebut, Bandung kini memang menjadi salah satu tujuan favorit turis asing. Ini terlihat dari pesatnya pertumbuhan kunjungan turis asing ke Kota Kembang ini. \"Kebanyakan turis dari ASEAN seperti Malaysia, Singapura, Thailand, mereka datang untuk membeli produk fashion di factory outlet, serta kerajinan untuk kartu maupun suvenir pernikahan,\" sebutnya.

Dengan realisasi Juni tersebut, akumulasi kunjungan turis asing sepanjang Januari - Juni 2013 sudah mencapai 4,15 juta wisatawan. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu mengatakan, pemerintah tahun ini menargetkan kunjungan turis asing hingga 9 juta orang. \"Kami optimistis tercapai. Apalagi, akhir tahun nanti ada even internasional seperti KTT APEC,\" ujarnya. (owi/sof)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: