Pasar Terpusat Belum Diajukan

Pasar Terpusat Belum Diajukan

\"\"TUBEI, BE - Rencana pembangunan pasar terpusat di Kabupaten Lebong ternyata hingga saat ini belum diajukan ke Kementrian Perindustrian dan Perdagangan oleh pihak Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lebong.

Pasalnya untuk pengajuan pembangunan pasar terpusat tersebut harus sudah siap seluruhnya termasuk lahan, dan melakukan penyusunan Desain

Teknis Detail Engineering Design (DED) pembangunan pasar terpusat tersebut.

Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lebong, Drs Erlangga Idrus MSi membenarkan jika untuk pembangunan pasar terpusat tersebut saat ini belum diajukan ke Kementrian Perdagangan.

\"Saat ini kita masih melakukan penyusunan perencanaan pembangunan pasar terpusat tersebut. Sebab, jika untuk penyusunan DED, serta lahannya sudah ada baru dapat kita ajukan ke Kementrian Perdagangan,\" kata Erlangga. Dijelaskan Erlangga, untuk pembangunan pasarterpusat tersebut direncanakan akan dibangun di belakang terminal Muara Aman atau di dekat pasar tradisional terminal Muara Aman yang saat ini merupakan pasar utama masyarakat Lebong.

\"Rencananya memang akanĀ  dibangun di dekat terminal Muara Aman atau dekat pasar saat ini. Kalau di Pasar Muara Aman kita rasa sudah tidak ada lagi lahan yang bisa dibangun karena sudah cukup padat,\" jelas Erlangga.

Selain itu, salah satu cara lain untuk pembangunan pasar terpusat tersebut yakni dengan menggunakan pihak ketiga atau investor yang akan membangun dan mengelola pasar terpusat yang berbasis pasar Tradisional Modern. \"Namun hal tersebut sangat sulit. Kalau menggunakan investor jarang ada yang mau.

untuk itu, kita akan berusaha mengajukan hal tersebut kepada Kementrian Perdagangan untuk pembangunannya karena untuk pembangunan pasar terpusat tersebut membutuhkan biaya yang cukup besar. Mudah-mudahan hal tersebut dapat terwujud,\" pungkas Erlangga.(777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: