309 Hektar Sawah Kekeringan

309 Hektar Sawah Kekeringan

\"\"KOTA BINTUHAN, BE –Sungguh malang nasib para  patani sawah kali ini, akibat  rehabilitasi  (Perbaikan) irigasi di Kecamatan Nasal  belum  selesai. Sekiatar 309 hektar sawah mengalami kekeringan, sehingga para petani gagal menanam padi musim ini.

\"Kami belum bisa melakukan tanam padi, karena sawah kekeringan,\" kata  TaniIer (45) salah satu anggota Kelompok Tani. Ia mengatakan, pada kelompok tani  sudah melapor  kepeda  Dinas  Pertanian Kaur.

  Mereka berharapa, musim tanam kali ini, irigasi sudah dapat berfungsi untuk mengaliri air di sawah-sawah petani.

\"Sejak september lalu kita sudah melaporkan,  namun nampaknya tidak digubris,\" ujarnya.

Kadis Pertanian Ir H Herwan mengatakan, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kaur. Ia membenarkan,  sawah irigasi seharusnya sudah melakukan penanaman akhir Setember lalua. Karena  masih dalam rehabilitasi maka belum bisa dilakukan.

\"Jika tidak bisa dilakukan saat ini, maka penanaman bisa diundur,\" jelasnya.

Terpisah,  Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kaur Jon Harimol SSos didampingi Kabid Pengairan,  Yunardi ST  mengatakan, kontraktor yang mengerjakan rehabilitasi sudah dua kali mendapat teguran.

Namun hingga kini belum juga ada jawaban untuk menyelesaikan pekerjaan. Jika ketiga kali tidak digubris, Yunardi mengatakan, pihaknya akan memasukan daftar hitam kontraktor tersebut .

\"Akan segera kita sikapi secara bersama-sama, jikapun masih dikerjakan untuk segera mengairi aliran irigasi tersebut,\"ungkapnya.(823)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: