67 Orang Mendaftar (SBMPTN)

67 Orang Mendaftar (SBMPTN)

SEJAK pendaftaran Saringan Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 dibuka 13 Mei lalu, tercatat sudah 67 calon mahasiswa yang mendaftar untuk mengikuti tes tersebut, demi mengejar universitas dan fakultas yang mereka idamkan.  Kepala Humas Unib Suharyanto SPt MSi mengatakan, dari data yang berhasil dihimpun pihaknya pada Senin dan Selasa lalu, tercatat ada 67 orang calon mahasiswa yang mendaftar. Pendaftaran SBMPTN ini sendiri kata dia, akan ditutup pada 7 Juni nanti. Itu artinya, masih ada sekitar tiga pekan lagi bagi lulusan SMA sederajat untuk mengikuti SBMPTN. Sebelum ujian tertulis pada 18-19 Juni mendatang dimulai.

\"Dari hasil yang didapat tim IT kami. Pada dua hari kemarin, ada 67 orang yang sudah mendaftar. Sedangkan untuk hari ini (kemarin, red), kami belum hitung,\" ujar Suharyanto kepada Bengkulu Ekspress kemarin.

Seperti diketahui, pendaftaran SBMPTN tahun 2013 ini dilakukan secara online. Dimana calon mahasiswa diwajibkan membayar uang pendaftaran, ke bank yang sudah ditunjuk. Kemudian diwajibkan mengisi pendaftaran, di situs resmi https://ujian.sbmptn.or.id untuk di data agar dapat mengikuti ujian tertulis SBMPTN nanti, di universitas-universitas negeri yang sudah ditunjuk.

Selain mengenai SBMPTN, Suharyanto mengatakan agar para calon mahasiswa tidak perlu khawatir jika gagal SBMPTN. Sebab, Unib juga membuka Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unib (SPMU) yang nanti dimulai pasca SBMPTN berakhir. Dimana rencananya pendaftaran dibuka sejak 30 Juli hingga 30 Agustus nanti dan dengan tata cara pendaftaran, sama seperti SBMPTN.

\"Kami juga membuka saringan masuk lokal. Jadi bagi calon mahasiswa yang enggak keterima di SMPTN (PMDK, red) dan SBMPTN, bisa mencoba di jalur itu. Pembukannya rencananya dimulai 30 Juli sampai 30 Agustus. Tetapi tidak menutup kemungkinan diundur, karena bersamaan dengan waktu puasa dan lebaran. Dari SPMU ini, kami menerima 569 mahasiswa di tahun ajaran 2013-2014, untuk seluruh program studi. Disini ada 34 prodi yang tersebar di delapan fakultas Cuma itu nanti, sekarang kami fokus dengan SBMPTN dulu,\" jelasnya.

Sementara itu Suharyanto juga membeberkan, dari delapan fakultas yang ada di Unib, ada tiga fakultas yang menjadi favorit para calon mahasiswa. Yaitu fakultas pendidikan, ekonomi, dan hukum. \"Disini peminatnya yang paling banyak ada tiga. Tetapi bukan berarti fakultas lain enggak ada peminatnya. Cuma memang tidak sebesar tiga itu, yang pendaftarnya selalu melebihi dari kapasitas yang ada,\" tandasnya. (cw6)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: