Kartu Pegawai Elektronik

Kartu Pegawai Elektronik

RATU SAMBAN, BE - Seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kota Bengkulu sebentar lagi akan memiliki Kartu Pegawai Elektronik (KPE). Diperkirakan, hingga 2014 nanti semua PNS Kota sudah mendapatkan kartu ini. \"Dari informasi yang kami peroleh, untuk Kota Bengkulu sejauh ini prosesnya sudah sampai ke Bank Bengkulu.  Mungkin tidak lama lagi mereka akan memberikan pemberitahuan kepada kita agar kita dapat melakukan verifikasi,\" terang Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Bengkulu, Kautsar Agus Hutari SSTP MSi saat dijumpai di ruang kerjanya, kemarin.

Disampaikannya, KPE akan memudahkan PNS untuk melakukan kegiatan kepegawaian seperti melakukan transaksi keuangan di bank. Berdasarkan informasi yang ia peroleh, persoalan yang timbul terkait KPE ini bisa ditemukan pada adanya kesalahan entry data seperti nama atau foto tertukar. \"Akibatnya, penerbitan KPE menjadi terhambat. Meski begitu, PNS masih bisa melakukan transaksi dengan perbankan bila instansi di tempat yang bersangkutan kerja telah bekerja sama dengan bank daerah,\" jelasnya.

Ditambahkan Kautsar, di beberapa daerah, KPE ini sudah ada yang diterbitkan. \"Karena BKN mencetak 600 ribuan KPE setiap tahunnya. Tapi sejauh ini belum semua. Saya sendiri aja belum dapat,\" urainya.

Selain dapat menjadi alat transaksi di Bank, lanjutnya, KTE ini juga bermanfaat untuk memangkas berbagai hambatan birokrasi. Sehingga hal ini dapat mengurangi beban PNS dalam pengurusan administrasi kepegawaian dan layanan yang akan diperoleh akan menjadi lebih transparan dan objektif. \"Kartu pegawai elektronik dibuat menggunakan teknologi smart card sehingga dapat menjamin otentikasi sidik jari dan dapat dijadikan kartu identitas resmi PNS. Kayak E-KTP itu lah. Sehingga praktis,\" pungkasnya. (009)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: