6 Desa Terendam Pasang Laut

6 Desa Terendam Pasang Laut

\"TerendamSAM, BE- Sedikitnya 6 desa di Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM), Seluma kemarin (14/5) terendam air pasang laut. Ratusan rumah warga terendam hingga ketinggian 30 cm di masing-masing Desa Padang Bakung, Muara Maras, Ketapang Baru, Muara Timput, Talang Alai dan Serian Bandung.

“Setiap kali air pasang maka desa kami ini telah bisa tergenang dengan air laut. Ini setelah terjadi abrasi pantai sejak dulu,” kata Kepala Desa (Kades) Padang Bakung, Marsang.

Kejadian ini bukanlah kali pertama. Mengingat sepanjang 7 km desa yang berada di pesisir pantai selalu mengalami air pasang dan menggenangi pemukiman warga. Sedikitnya 140 kepala keluarga (KK) yang ada di Padang Bakung telah tergenang. Meskipun mengaliami kebanjiran, sedikitnya 80 KK harus tetap menempati kediaman mereka tanpa ada perhatian dari pemerintah.

“Kita hanya terpaksa tetap menempati kediaman, mengingat air pasang ini akan kembali surut dan esok pagi akan kembali kena banjir. Serta warga masih tetap untuk menempati kediaman masing-masing,” terang kades.

Beber kades, setelah kejadian ini, belum ada satupun pihak yang mendatangi desanya termasuk pihak Pemerintah Kabupaten Seluma serta dari pihak PU Provinsi . Diharapkannya,  kejadian seperti tersebut dapat ditanggulangi dengan pembuatan grip pemecah ombak. Sehingga tidak terus menerus menggenangi kediaman warga. Harapnya agar pemerintah dapat dengan segera untuk melakukan pembuatan grip pemecah ombak di sepanjang desa 7 km yang selalu digenangi air.

“Baik itu dinas Provinsi maupun Pemerintah Daerah belum ada melakukan pengecekan termasuk  pembuatan grip pemecah ombak,” terangnya. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: