Jalan Rusak Menuju KUA

Jalan Rusak Menuju KUA

\"RUDIBENGKULU, BE - Sepanjang 50 meter jalan menuju Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sungai Serut, rusak.   KUA itu terletak di Jalan Enggano RT 1 RW 1 Kelurahan Pasar Bengkulu.  Kondisi ini sangat mengganggu para petugas KUA dan warga yang ingin mengurus pernikahannya.

\"Jalanan yang terdiri dari batu koral dan menanjak membuat warga sukar melaluinya. Akan tetapi setiap orang yang mau mengurus pernikahannya harus melalui jalan ini. Maka warga yang ke sini sering kali harus mengambil risiko jatuh dan terpeleset.  Tentu hal ini sangat menganggu,\" kata Kepala KUA Kecamatan Sungai Serut, Matsani SAg, kemarin.

Dijelaskannya, sebenarnya sudah banyak warga yang terjatuh dan terpeleset di jalan tersebut. Bukan hanya warga, namun juga kadang dialami staf KUA. \"Terlebih disaat jalan tersebut disiram hujan.  Jadi semakin licin. Kadang-kadang saking inginnya menghindari jalanan ini, warga terkadang harus memakirkan motornya jauh dari sini dan berjalan kaki,\" tukasnya. Salah seorang tokoh masyarakat Sungai Serut, H Baijuri Hosen mengatakan, sebaiknya pemerintah memprioritaskan perbaikan jalan ini.  Karena menurutnya, jalan ini merupakan jalanan yang vital.

\"KUA ini kan tempat awal orang untuk membina rumah tangga.  Ini sangat dibutuhkan dan vital fungsinya.  Kalau jalan ini belum dianggarkan dalam APBD yang sekarang, sebaiknya Pemda Kota menganggarkannya dalam APBD Perubahan mendatang.  Jangan sampai lebih banyak jatuh korban di jalan ini,\" sampainya.

Senada disampaikan Ketua RT 1 Kelurahan Pasar Bengkulu, jalanan di tempatnya sudah sangat tua. Dahulu kawasannya sempat menjadi kawasan tempat pemotongan hewan. Namun karena warga tidak setuju dengan limbahnya, maka tempat pemotongan tersebut pindah ke daerah Kelurahan Sumber Jaya. \"Jalanan ini ada sejak tahun 80-an. Namun belum pernah diperbaiki. Orang hampir tidak tahu kalau ada KUA di daerah sini,\" kata Ketua RT tersebut.

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bengkulu Ir Darmawansyah MT menjelaskan, pembangunan jalan di Kota Bengkulu saat ini sedang dalam proses tender. \"Bulan depan insya Allah sudah mulai dijalankan,\" ujarnya singkat. (009)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: