Perbanyak Petugas Kebersihan

Perbanyak Petugas Kebersihan

BENGKULU, BE - Pemda Kota melempar wacana untuk memperbanyak petugas kebersihan di Kota Bengkulu.  Wacana ini seiring dengan adanya kebutuhan untuk menangani kebersihan di daerah-daerah khusus wisata.  \"Selama ini kebersihan di daerah wisata memang diserahkan kepada para pedagang yang berjualan di kawasan wisata tersebut.

Hal ini sudah kurang memadai.  Kedepan memang ada petugas khusus dalam mengelola kebersihan daerah wisata ini,\" kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bengkulu Ir Kemas Zaini, kemarin.

Namun dalam realisasinya, lanjut Kemas, dibutuhkan perencanaan yang matang. Karena hal ini juga menyangkut biaya retribusi dan pengadaan alat-alat angkut. \"Tapi saya rasa para pedagang tidak akan keberatan kalau memang diharuskan untuk membayarkan retribusi. Masalahnya sekarang kebersihan di kawasan wisata itu harus benar-benar terjaga.

Jangan sampai nanti retribusinya sudah ditarik padahal sampah masih berserakan.  Tentunya ini akan menjadi domain Dinas Kebersihan nantinya,\" jelas Kemas.

Dari pembahasan yang dilakukannya bersama para pedagang di Pantai Panjang, Kemas menemukan bahwa para pedagang menyepakati adanya petugas kebersihan khusus dalam pengelolaan pantai.  \"Mereka menyambut baik wacana ini. Tapi ke depan kami akan membahasnya kembali bersama asosiasi pedagang yang ada di setiap kawasan wisata,\" imbuhnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua I DPRD Kota Irman Sawiran SE mengungkapkan, pihaknya telah mengusulkan agar kebersihan khususnya di daerah Pantai Panjang dapat dikelola oleh honorer. Dalam penilaiannya, tidak memadai apabila kebersihan objek wisata andalan Bengkulu ini hanya mengandalkan inisiatif dari kelompok atau organisasi yang dilakukan pada waktu moment-moment tertentu saja.

“Seperti kalau ada hari lingkungan, hari bumi, baru ramai-ramai membersihkan. Padahal pantai itu digunakan setiap hari.  Tapi kebersihannya hanya diurus sebulan sekali. Hal yang semacam ini tidak bisa dibiarkan,” katanya.

Menurut Irman, pengelolaan kebersihan Pantai Panjang harus dilakukan setiap hari. Hal ini, lanjutnya, untuk menjaga agar pantai itu tetap bersih sepanjang waktu. Untuk itu, sebagai pimpinan legislator, Irman sudah mendesak agar sedikitnya ada sekitar 20 orang honorer yang bertugas khusus setiap hari mengawal kebersihan pantai ini.

“Jumlah 20 orang itu sifatnya sementara.  Gambarannya, satu orang bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan pantai dalam radius 1 sampai 2 kilometer. Nanti kalau efektifitasnya ternyata menggembirakan, bisa jadi petugasnya akan ditambah,” pungkasnya. (009)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: