PLN Lirik Sumber PLTA

PLN Lirik Sumber PLTA

BENGKULU, BE - Untuk mengatasi krisis listrik di Provinsi Bengkulu, sebenarnya bukan hanya mengandalkan Mesin Pembakit Listrik Tenaag Disel (PLTD) di Sukamerindu saja dan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Musi.  Menurut Kepala PLN Bengkulu, Hadi Saputra potensi penambahan PLTA dengan sumber air di Provinsi Bengkulu sangat banyak sekali dan belum tergarap secara maksimal.

\"Selama ini kita hanya mengandalkan PLTD saja untuk di Kota Bengkulu, dari PLTA Musi itu hanya sebagian, padahal Sungai di Bengkulu banyak sekali, kalau bisa bisa dioptimalkan bisa jadi sumber listrik yang sangat besar,\" katanya.

Ia mengatakan, saat ini dibeberapa kabupaten seperti Lebong, sudah ada pembangungan pembangkit listrik tenaga air (PLTA) lima dari PLTA tes, murni milik perusahaan swasta. Kemudian juga ada potensi air itu pada setiap kabupaten dan kota, tinggal lagi kemampuan daerah untuk mendatangkan investor membangunnya.

Bukan hanya di Kepahiang dan Lebong saja di Kabupaten Benteng potensi air dari limbah PLTA Musi masih bisa dimanfatkan untuk energi listrik dan hal ini juga sudah disikapi oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu.

Bahkan, Gubernur Bengkulu, H Junaidi Hamsyah SAg mengatakan siap untuk menganggarkan biaya untuk mengarap potensi air limbah PLTA tersebut. ”Potensi air limbah PLTA Musi ini sangat potensial untuk digarap dan dikembangkan,\" katanya. Dikatakannya, pihaknya meminta Bappeda Provinsi Bengkulu menganggarkan biaya untuk pembangunan fasilitas pendukung pada APBD Perubahan Provinsi Bengkulu nantinya. Hanya saja, besaran anggaran yang akan dikucurkan akan dilakukan sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Menuru Hadi Saputra jika air limbah itu sudah beroperasi atau berjalan maka krisis air dan listrik juga teratasi.  Bahkan, air juga dapat menyuplai ke daerah tetangga, seperti Kota Bengkulu, Kabupaten Seluma dan Bengkulu Utara.  Sehingga, dampak dari pemanfaatan limbah PLTA Musi itu akan menimbulkan keuntungan yang luar biasa bagi masyarakat di Kabupaten Benteng dan Provinsi Bengkulu umumnya.

\"Sebenarnya jika semua pontensi PLTA ini bisa dimanfatkan pasokan listrik kita sudah mencukupi ditambah dengan fasilitasi empat gardu induk, yang jadi kendala hanya pemasangan tower, khususnya dalam hal pembebasan lahan,\" tambahnya.

Ditambahkannya potensi sumber listrik dari PLTA dapat dimaksimalkan dikawasan yang jauh dari pusat kota seperti didaerah pedalaman yang sulit terjangkau listrik. \"Dari PLTA tes saja Kita bisa memanfaatkannya untuk sumber lsitrik kedaerah lain, diharapkan yang dikabupaten lain bisa dimanfaatkan juga,\" katanya.(100)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: