Usulkan Jalan Seluma – Empat Lawang

Usulkan Jalan Seluma – Empat Lawang

LUBUK SANDI, BE – Pemerintah Kabupaten Seluma diminta untuk mengusulkan pembangunan jalan lintas yang menghubungkan antar Provinsi Bengkulu dengan Provinsi Sumatera Selatan, atau tepatnya Kabupaten Seluma dengan Kabupaten Empat Lawang.

Mengingat sebelumnya badan jalan sudah pernah dibangun yang menembuskan antara jalan dari Desa Padang Capo Kecamatan Lubuk Sandi ke kawasan Padang Tepong Kabupaten Empat Lawang. \"Setidaknya bisa meminta bantuan dengan program TMMD, memgingat akses tersebut telah pernah dilalui,\" ujar anggota DPRD Seluma Dapil II, H Suhandi SSos.

Menurutnya, jika dibangun jalan lintas dari Seluma ke Kabupaten Empat Lawang, maka akan membawa perubahan ekonomi bagi warga di dua daerah tersebut.

Dari jalan raya Kelurahan Sukaraja sampai ke kawasan Padang Tepong hanya berjarak 58 KM. Sedangkan jika ke Padang Tepong melalui jalan yang selama ini ditempuh (melalui Kabupaten Benteng dan Kepahiang), maka jika berjalan dari Seluma, jarak tempuh 58 KM baru sampai di Kabupaten Benteng.

\"Jalan yang ada saat ini sangat membutuhkan waktu yang cukup lama dan kondisi yang sangat tidak pantas untuk dilalui,\" ujarnya

Jika memang Pemkab Seluma ingin meningkatkan perekonomian di Kabupaten Seluma, Sauhandi mengatakan, pembangunan jalan lintas ini harus diusulkan langsung ke Kementerian Pekerjaan Umum. Karena jika dikerjakan menggunakan dana APBD Seluma, tidak mungkin terlaksana.

Karena dibutuhkan dana ratusan milliar untuk pembangunannya. “Sebaiknya Pemkab Seluma bisa mengusulkannya bersama dengan Pemerintah Provinsi Bengkulu. Karena memang jalur tersebut merupakan jalan lintas provinsi yang terletak di wilayah Kabupaten Seluma.

Tahun 2013 ini sendiri jalan dari Kelurahan Sukaraja sampai ke Padang Capo sudah dikoral menggunakan dana dari pemerintah Provinsi Bengkulu,\" katanya. Menurutnya, bukan hanya geliat ekonomi yang tumbuh di jalur Seluma ke Padang Tepong, tetapi seluruh komoditi yang ada juga bisa dijual dengan harga yang lebih tinggi sehingga bisa membantu masyarakat. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: