Bupati Didesak Dicopot Kadis PU

Bupati Didesak Dicopot Kadis PU

\"IMG01199-20130508-1228\"TUBEI, BE - Sebanyak 35 orang aktivis yang menamakan diri Front Aliansi Masyarakat Lebong (FAMAL), Rabu (8/5) sekitar pukul 10.30 WIB mendatangi kantor Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Kantor Bupati Lebong untuk menyampaikan enam tuntutan. Diantaranya meminta Bupati Lebong H Rosjonsyah SIP MSi untuk mencopot Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) yakni Ir Syafrudin ABD dari jabatnnya karena dianggap gagal dalam melaksanakan tugasnya sebagai Kadis PU.

Selain itu, massa juga menuntut Bupati Lebong dan Kadis PU Lebong memanggil Direktur PT KIM dan CV Aulia Zahira Utama karena adanya indikasi melanggar hukum, menuntut Bupati Lebong dan Kadis PU untuk membuat pernyataan akan menanggung seua dampak pembangunan jalan yang tidak selesai. Serta meminta aparat penegak hukum mengusut adanya indikasi korupsi yang dilakukan PT KIM dan CV Aulia Zahira Utama.

Berdasakan pantauan di lapangan, aksi tersebut diawali dari titik kumpul di Desa Selebar Jaya Kecamatan Amen menuju Kantor Dinas Pekerjaan Umum (PU) Lebong dengan menggunakan 3 unit kendaraan roda empat untuk melakukan orasi dan menyampaikan tuntutan tersebut.

Sampai di Kantor Dinas PU, massa langsung melakukan orasi sambil membawa kertas karton yang bertuliskan, Bupati Lebong tidak pro rakyat mundur, Kadis PU mundur, Selamatkan Lebong dari pengusa zalim, dan lainnya.

Setelah melakukan orasi beberapa menit, perwakilan massa sebanyak 5 orang diantaranya Korlap aksi Azwan Fauzi, Tonni, Mashuri SE alias Awi, dan Eka diperkenankan masuk untuk melakukan mediasi bersama Kadis PU, Wakapolres dan para perwira Polres Lebong. Usai menyampaikan tuntutan dan mediasi di Kantor PU, massa bergerak menuju Kantor Bupati Lebong untuk bertemu langsung dengan Bupati Lebong serta hendak menyampaikan tuntutan tersebut.

Sayangnya, keinginan pengunjuk rasa untuk bertemu Bupati tidak dapat terlaksana lantaran saat itu BupatiĀ  dan Wabup tengah melakukan penantauan ujian nasional SD/MI di sekolah yang ada di Kabupaten Lebong.

Kedatangan mereka hanya disambut oleh Asisten III Setdakab Lebong yakni Mirwan Effendi SE MSi. Melihat Bupati Lebong dan Wabup Lebong tidak berada di Pemda, para pendemo tidak melakukan orasi dan memilih untuk meninggalkan Kantor Bupati Lebong. \"Saat ini Bupati sedang melakukan pemantauan ujian nasional sehingga tidak bisa hadir di sini,\" kata Assisten III.

Terpisah, Koordinator Lapangan (Korlap) aksi yakni Azwan Fauzi mengatakan jika aksi demo ini dilakukan karena melihat kondisi Kabupaten Lebong yang tidak ada kemajuan di masa kepemimpinan Bupati Rosjonsyah dan Wakil Bupati Panca Wijaya.

Pihaknya meminta Bupati dan Wakil Bupati Lebong, serta Kadis PU Lebong untuk mundur dari jabatannya. \"Dari hasil mediasi yang sudah dilakukan di Dinas PU Lebong, kita akan tunggu 4 hari terhitung saat unjuk rasa berlangsung. Jika tidak ada tindak lanjut dari pihak Pemda dan Dinas PU Lebong mengenai tuntutan kami ini, maka kami akan melakukan aksi lanjutkan dengan membawa massa yang lebih banyak,\" tegas Fauzi.(777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: