Manfaatkan Lahan Tidur

Manfaatkan Lahan Tidur

\"HutanRIMBO PENGADANG, BE - Kondisi lahan tidur di wilayah Lebong hingga saat ini masih cukup luas, sebab itu Bupati Lebong H Rosjonsyah SIP MSI mengharapkan agar masyarakat lebih mengoptimalkan lahan yang ada dari pada masuk ke dalam hutan dan membuka lahan baru.

\"Di wilayah Kecamatan Rimbo Pengadang danĀ  Topos, kondisi lahan tidur masih cukup luas dan lahan tersebut jika di garap akan memberikan dampak ekonomi yang besar bagi masyarakat,\" kata Rosjonyah.

Jika masyarakat lebih memilih membuka hutan, Rosjonsyah mengaku khawatir kerusakan hutan terus meningkat dan bisa memicu bencana banjir bandang.

Dia juga mengatakan, Pemkab Lebong akan melakukan langkah penghijauan di daerah Rimbo Pengadang dan Topos, karena hutan di wilayah tersebut merupakan daerah tangkapan air.

\"Penghijauan akan segera kita lakukan, karena sumber air untuk lahan pertanian kita sebagian besar berada di wilayah Kecamatan Rimbo Pengadang dan Topos. Jika sumber air itu hilang maka dampaknya akan besar terhadap pertanian,\" jelas Rosjonsyah.

Ditambahkannya, Pemkab saat ini sedang berupaya mengajukan izin hutan kemasyarakatan (HKM) seluas 500 hektar di 2 kecamatan tersebut sehingga nantinya bisa di kelola oleh masyarakat. \"Jika hutan kemasyarakatan ini dikabulkan maka warga di wilayah ini bisa mengelolanya. Tapi untuk mengeluarkan izin HKM ini memerlukan waktu. Mudah-mudahan izin tersebut segera dikeluarkan pemerintah pusat secepatnya,\" Pungkas Rosjonsyah.(***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: