Napi Ikut Paket A

Napi Ikut Paket A

ARGA MAKMUR, BE - Meski berada dibalik jeruji besi, penghuni lapas Arga Makmur masih memiliki hak mengikuti ujian nasional yang digelar oleh PKBM \"Harapan Baru\" di aula lapas Arga Makmur.

Kalapas Arga Makmur, Syarif Hidayat Bc IP SH MH menjelaskan para narapidana (napi) yang mengikuti ujian nasional melalui paket A berjumlah 15 orang. Namun yang hadir hanya 13 peserta. Dua orang yang tidak hadir dikarenakan sudah bebas masa tahanannya. \" Dua orang yang tidak datang berasal dari Kabupaten Mukomuko yang sudah bebas,\" kata Syarif.

Peserta ujian itu dua orang napi tersandung kasus perampokan, 1 orang peserta napi tersandung kasus pembunuhan, 4 peserta napi tersandung kasus UU perlindungan anak, serta 5 peserta napi tersandung kasus pencurian. Materi pelajaran yang dilakukan PKBM dengan memberikan buku kepada peserta untuk dipelajari.\"Sebelum ujian, peserta belajar di ruangannya masing-masing untuk menghafal materi yang diujikan,\" terangnya.

Sementara itu, tingkat kelulusan peserta ujian diharapkan mencapai 100%. Hal itu sama dengan capaian ujian tahun sebelumnya yang dilaksanakan di Lapas Arga Makmur.\"Setiap tahunnya Lapas memberikan kesempatan kepada Napi untuk mendapatkan ijazah penyesuaian melalui paket A, B dan paket C,\" demikian Syarif. (117)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: