Rp 1 M untuk Koperasi

Rp 1 M untuk Koperasi

BENTENG,BE - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi & UKM Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), tahun 2013 ini kembali mengucurkan dana bantuan  pada sejumlah koperasi di daerah ini. Nilainya sebesar Rp 1 miliar. Dana ini diberikan kepada koperasi 3 S (sehat anggota, sehat pengurus dan sehat keuangan).

\"Dana bantuan ini bukanlah dana Bansos (Bantuan sosial). Karena akan bergulir terus setiap tahunnya.  Oleh sebab itu koperasi yang kita akomodir harus memenuhi syarat 3 S itu,\" ungkap Kadisperindagkop & UKM Benteng, H. Amirul SH,MM.

Anggaran kucuran bantuan koperasi itu, bersumber dari APBD Benteng tahun 2013 ini. Namun, jika koperasi bakal penerima bantuan tidak memenuhi syarat  3 S itu, maka tidak akan mendapatkan bantuan tersebut.  Saat ini, Dinas Koperasi tengah mendata koperasi calon penerima bantuan ini.

Keunggulan bantaun dana koperasi ini, seperti,  bunganya sangat rendah, pembayaran dapat dicicil  setelah bulan ke 4 terhitung dari mulai bergulirnya pinjaman dan lainya.

Dengan berbagai kelebihan ini, maka  calon penerima bantuan dana bergulir itu diseleksi secara ketat. Dinas Koperasi menerjunkan  konsultannya juga dibantu Bagian Hukum Pemkab Benteng. Setiap konsultan akan menaungi 2 kecamatan. Jumlah kecamatan di daeah ini sebanyak 10 kecamatan, maka akan diterjunkan sebanyak 5 konsultan.

Amirul menambahkan, saat  ini dinasnya  tengah mendata ulang  koperasi se- Benteng ini. Hal itu, bertujuan untuk mengantisipasi adanya koperasi fiktif.

Saat ini, tercatat  sebanyak 96 koperasi yang terdaftar. Akan tetapi dari jumlah koperasi itu, hanya tinggal sekitar  30 parsen  yang masih aktif. \'\'Bagi koperasi yang mau mendapatkan kucuran dana itu, silahkan masukan proposal. Untuk besar kucuran dana itu, berkisar Rp 50  hingga 100 juta/koperasi,\" pungkasnya. (111)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: