Harus Kompak Perangi Kejahatan

Harus Kompak  Perangi Kejahatan

CURUP, BE - Maraknya aksi perampokan serta pencurian kendaraan bermotor di Kabupaten Rejang Lebong (RL) tidak hanya membuat masyarakat kawatir, namun membuat gerah pihak kepolisian. Terkait maraknya aksi kejahatan tersebut, Kapolres RL AKBP Edi Suroso meminta pada semua elemen untuk kompak memerangi setiap tindakan kriminalitas yang terjadi di daerahnya masing-masing. \"Kalau masyarakat kompak memerangi kejahatan, bisa mengantisipasi kejahatan yang terjadi di wilayah Rejang Lebong,\" tegas Kapolres, kepada wartawan belum lama ini.

Kekompakan tersebut, sambung Kapolres, harus ditunjukkan dengan mengingatkan orang lain yang berpotensi menjadi korban kejahatan, dan memberikan informasi kepada kepolisian untuk mengungkap sejumlah aksi kejahatan yang terjadi diwilayah mereka.

\"Kalau masyarakat bisa kompak, otomatis pelaku kejahatan akan memperhitungkan setiap langkah dalam melakukan tindakan kriminalitas,\" terang Kapolres. Sebab, pelaku kriminailtas akan melihat situasi dan kondisi saat melakukan aksinya. \"Kalau hanya sendiri-sendiri dengan mudah pelaku melakukan aksinya.  Namun kalau masyarakatnya kompak, pelaku kejahatanya yang mikir dua kali untuk melakukan aksi kejahatan khawatir akan tertangkap, dan banyangkan bagaimana jika aksi kejahatan itu menimpa keluarga kita,\" jelas Kapolres.

Kapolres juga berharap warga yang membawa uang tidak sendirian dan wajib meminta ditemani orang lain. Begitu juga jika baru pulang bertransaksi di Bank dan membawa uang, mintalah bantuan pengawalan polisi. \"Berbagai hal yang sepele ini bisa menjadi pencegah aksi kehatan,\" harap Kapolres. (999)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: