Puluhan Kades Mengundurkan Diri

Puluhan Kades Mengundurkan Diri

ARGA MAKMUR, BE -Dua belas orang Kepala Desa (Kades) sudah mundur dari jabatannya untuk mengikuti pencalonan caleg. Mereka itu Kades Air Petai dan Kota Bani Kecamatan Putri Hijau, Kades Rama Agung Kota Arga Makmur.

Dari Kecamatan Hulu Palik, Kades Talang Rendah, Batu Roto dan Taba Padang Kol. Kecamatan Ketahun, Kades  Gunung Payung dan Bukit Makmur. Kecamatan Padang Jaya. Kades Padang Jaya dan Marga Sakti. Sedangkan Kecamatan Arma Jaya, Kades Sumber Rejo.

Ketua KPU Eko Sugianto MSi mengatakan sah-sah saja kades mendaftar sebagai calon anggota dewan. Sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan.\"Hak Kades sama seperti dengan warga negara lain berhak untuk dipilih. Namun mereka harus mengundurkan diri dari jabatannya,\" kata Eko.

Hari terakhir pendaftaran kemarin, 329 orang caleg sudah terdaftar melalui 12 parpol. Yakni partai Golkar, PPP, Demokrat, PDIP, PBB, Gerindra, Hanura, PAN, PKB, PKPI, PKS, dan PDIP. Tidak menutup kemungkinan setelah dilakukan verifikasi, ada yang tak lulus seleksi, karena pendaftar berasal dari berbagai unsur dan kalangan, termasuk para kades. \"Dua minggu untuk mengetahui hasil dari verifikasi yang dilakukan,\" terang Eko.

Sementara itu,  Asissten I Pemkab BU, Emdan Joni SH MM membenarkan mundurnya sejumlah Kades karena terjun ke dunia politik. Tugas Kades akan diserahkan kepada Sekdes untuk menjalankan pemerintahan desa, \"Agar pelayanan desa tak terganggu sementara waktu kita alihkan ke Sekdes dulu sebelum ditunjuk Pelaksana tugas,\" kata Emdan Joni.(117)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: