Giliran Sawah Amen Diserang Ulat

Giliran Sawah Amen Diserang Ulat

\"DiserangAMEN, BE - Setelah sebelumnya puluhan hektar sawah di Kecamatan Uram Jaya dan Lebong Sakti yang diserang hama ulat, kali ini hama ulat tersebut mulai menyerang puluhan hektar tanaman padi yang berumur satu bulan di Kecamatan Amen. Hal tersebut dikhawatirkan petani akan mempengaruhi hasil panen mereka pada musim tanam pertama ini. \"Kalau tidak di lakukan pencegahan dengan menyemprot, ulat daun ini akan terus berkembang. Ulat ini rata-rata menyerang tanaman padi yang baru berumur tiga sampai lima minggu. Nah yang kami takutkan akibat diserang hama ulat ini yakni gagal panen ataupun hasil panen kami menurun, sebab saat ini ada sekitar 15 hektar sawah yang diserang ulat,\" ungkap Munir, salah seorang petani Desa Suka Rajo, Amen saat ditemui wartawan di sawahnya.

Dikatakan Munir, tidak hanya areal sawah persawahan di Desa Suka Raja yang diserang ulat, namun sawah di Desa Garut dan sekitarnya juga mengalami hal yang sama pada musim tanam pertama tahun ini. Jika tidak segera di tanggulangi hal ini tentunya berdampak pada hasil panen petani tentunya. \"Kalau tidak di lakukan penyemprotan dengan racun. Ulat yang tadinya kecil membesar bahkan berkembang biak jadi berpengauh pada pertumbuhan tanaman. Untuk itu kami berharap adanya perhatian dari pihak terkait mengenai kondisi ini,\" harapnya.

Sementara itu, Dedi (34) petani lainnya juga mengatakan jika serangan hama ulat tersebut memang selalu muncul saat musim tanam pertama di setiap tahunnya. Jika dibiarkan hasil panen padi bisa berkurang mencapai 60 persen dari hasil maksimal penanaman. \"Jika terlambat untuk dilakukan penyemprotan hama terus berkembang dan itu berpengaruh pada hasil panen. Ya kita berharap PPL juga bisa memantau kondisi dilapangan untuk selanjutnya dilaporkan ke Dinas Pertanian atau BP4K sehingga nantinya adanya solusi untuk membantu kami para petani ini,\" kata Dedi.(777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: