Fokus Prioritas Kesehatan

Fokus Prioritas Kesehatan

AMEN, BE - Prioritas Pembangunan Kesehatan sejak tahun anggaran 2010 hingga 2014 mendatang di Kabupaten Lebong difokuskan pada beberapa fokus prioritas. Masing-masing peningkatan kesehatan ibu, bayi, Balita dan Keluarga Berencana (KB). Lalu perbaikan status gizi masyarakat, pengendalian penyakit menular dan serta penyakit tidak menular diikuti penyehatan lingkungan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lebong dr H Iwan Suwarsa MKes kepada wartawan beberapa waktu lalu. Dikatakan Iwan, pemenuhan serta pengembangan dan pemberdayaan SDM kesehatan juga menjadi prioritas pihaknya.

Termasuk peningkatan ketersediaan, keterjangkauan, pemerataan, keamanan, mutu dan penggunaan obat, serta pengawasan obat dan makanan. \"Selain itu kita juga terus melakukan pengembangan sistem jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas), pemberdayaan masyarakat serta penanggulangan bencana  dan krisis kesehatan. Serta Peningkatan pelayanan kesehatan primer dan sekunder akan terus kita tingkatkan,\"  ujar Iwan.

Ditambahkan Iwan, sudah sama-sama diketahui, bahwa pembangunan kesehatan merupakan bagian dari  pembangunan bidang sosial budaya, untuk mencapai sasaran peningkatan kualitas SDM yang ditandai dengan meningkatnya Umur Harapan Hidup (UHH), yang merupakan salah satu indikator IPM (Indeks Pembangunan Manusia).

\"Nah, untuk mencapai hal tersebut maka peningkatan akses dan kualitas pelayanan kesehatan merupakan harga mati yang harus dilaksanakan oleh seluruh jajaran tenaga kesehatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lebong, khususnya Dinas Kesehatan dan jajarannya,\" kata Iwan.(777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: