Pendaftaran KPU Diperpanjang

Pendaftaran KPU Diperpanjang

\"DENDIBENGKULU, BE - Jadwal awal yang ditetapkan Tim Seleksi anggota KPU Kota Bengkulu, pendaftaran calon komisioner ditutup kemarin (14/3).  Namun, setelah Timsel menerima Surat Edaran KPU RI nomor 242/KPU/IV/2013 tanggal 12 April 2013, yang menyatakan pendaftaran dibuka  tanggal 14 -19 April 3013, hingga masa pendaftaran disesuaikan sampai 19 April mendatang.

\"Agar tidak menyalahi aturan, walau kami sudah membuka sejak 10 April maka akan diperpanjang waktu pendaftaran ini sampai 19 April besok,\" kata Ketua Timsel KPU Kota Bengkulu, DR Panji Suminar, kemarin. Dijelaskan Panji, setelah pendaftaran, jadwal selanjutnya, penelitian administratif 20 sampai 21 April, penetapan hasil penelitian administratif 22 April dan pengumuman hasil seleski adimistrasi 23 sampai 24 April.

“Tes tertulis digelar 29 April, tes kesehatan hingga psikologi dilaksanakan tanggal 4 sampai 11 Mei. Pengumuman 20 besar atau uji publik akan dilaksanakan tanggal 14 sampai 16 Mei, dan 23 Mei menyampaian 10 besar ke KPU Provinsi Bengkulu,” paparnya. Menurut Panji, dengan adanya perpanjang waktu pendaftaran tersebut, membuat pendaftar kian bertambah banyak. Pasalnya, hingga pukul 16.00 WIB sore kemarin, sedikitnya 184 calon peserta sudah mengambil formulir pendaftaran dan diprediksikan jumlah peserta mencapai 300 orang lebih.

\"Perpanjangan ini suatu keberuntungan bagi calon peserta seleksi yang belum melengkapi semua persyaratan,  karena tidak sedikit yang baru mengambil formulir pendaftaran hari ini (kemarin,red),\" ujarnya.

Dari jumlah yang sudah mengambil formulir tersebut, didominasi oleh kalangan PNS, selanjutnya akademisi, guru, pengacara, wiraswasta dan tokoh masyarakat. Sementara incumbent dari KPU Kota hanya baru 1 orang, yakni Juniarti Boermansyah. \"Banyaknya dari kalangan PNS ini, kemungkinan disebabkan tidak adanya aturan bahwa yang bersankutan harus mengundurkan diri dari jabatannya saat mencalon. Yang ada adalah menngundurkan diri setelah  dilantik menjadi anggota KPU,\" tukasnya.(400)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: