PPK Enggano Direkrut Ulang

PPK Enggano Direkrut Ulang

BENGKULU, BE - Setelah mendapat sorotan berbagai pihak, akhirnya KPU Bengkulu Utara (BU) melemah terkait proses perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Enggano yang diduga tidak sesuai prosedur. KPU BU akan melakukan perekrutan ulang dengan melakukan semua proses atau tahapan perekrutan PPK seperti yang diatur dalam Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2013 yang berisi Tentang Pembentukan dan Tata Cara PPK, PPS dan KPPS dalam Penyelenggaran Pemilu DPR, DPRD, dan DPD 2014.

Dalam PKPU itu, khususnya Bagian Keempat tentang Pembentukan PPK, Pasal 13 bahwa untuk memilih calon anggota PPK, KPU Kabupaten/Kota harus melakukan tahapan kegiatan sebagai berikut; a. Mengumumkan pendaftaran calon anggota PPK; b. Menerima pendaftaran calon PPK; c. Melakukan penelitian administrasi calon anggota PPK; d. Melakukan seleksi tertulis calon anggota PPK; e. Melakukan wawancara calon anggota PPK; dan f. Pengumuman Hasil seleksi calon anggota PPK.

\"Kami siap melaksanakan perekrutan PPK Enggano itu sesuai dengan prosedur  yang berlaku,\" kata Ketua KPU Bengkulu, Eko Sugianto saat diwawancarai usai mengikuti tes wawancara calon KPU Provinsi di Hotel Nala Sea Side, Pantai Panjang, kemarin.

Eko juga membantah pihaknya telah menetapkan 5 orang PPK Enggano dengan cara penunjukan langsung. Bahkan ia mengaku 9 orang PPK Enggano yang sudah mendaftar belum memenuhi panggilan KPU BU. \"Belum ada yang ditetapkan karena mereka itu belum pernah memenuhi panggilan kami, kapal belum bisa berlayar karena gelombang tinggi. Kalau 1 orang itu memang sudah dilantik bersamaan dengan pelantikan PPK lainnya beberapa waktu lalu, tapi itu tidak disengaja,\" elaknya.

Eko meminta pengertian dari semua elemen masyarakat, khususnya di Bengkulu Utara bahwa  sedikitpun tidak ada niat KPU untuk merekrut PPK tidak sesuai prosedur karena ada tujuan lain. \"Sampai saat ini belum ada penetapan. Jika pun harus mengulang dari awal kami siap. Karena ini bukan kesalahan kmi, melainkan kesalahan kapal yang tidak bisa merapat ke pulau Enggano,\" terangnya. Kendati demikian, Eko belum memastikan kapan perekrutan PPK Enggano itu mulai dilakukan. Karena pihaknya masih menunggu kedatangan beberapa calon yang sudah mendaftar beberapa waktu lalu. \"Saya belum bisa memastikan jadwalnya, karena mereka juga belum bisa datang ke Arga Makmur,\" pungkasnya.(400)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: