Tahu Walik, Jajanan Khas Banyuwangi yang Mulai Populer di Bengkulu

Tahu Walik, Jajanan Khas Banyuwangi yang Mulai Populer di Bengkulu

rumah produksi tahu walik dan martabak telur mini milik Intan -foto:istimewa-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tahu Walik, jajanan khas dari Banyuwangi, Jawa Timur, kini hadir di Kota Bengkulu. Salah satu penjualnya adalah Intan (52), yang memulai usaha ini sejak 2022. 

Berawal dari dampak pandemi ketika suaminya terkena PHK massal, Intan berinisiatif untuk memulai usaha berjualan Tahu Walik dan Martabak Telur Mini guna mengisi waktu serta mencari penghasilan tambahan.

"Memilih berjualan Tahu Walik karena di Bengkulu sepertinya masih sedikit yang berjualan. Jadi, mencoba menjual Tahu Walik ini sebagai peruntungan," ujar Intan pada 24 Oktober 2024.

Tahu Walik yang dijual oleh Intan berisi campuran daging ayam, tepung, telur, dan potongan daun bawang yang dikukus sehingga tahan beberapa hari. 

BACA JUGA:Spicy Moods, Usaha Kuliner Rumahan yang Tawarkan Beragam Makanan Lezat dan Terjangkau

BACA JUGA:Ayam Goreng Utuh Love Chicken Jadi Primadona di Curup

Tak hanya tahu walik, Intan juga menjual martabak telur mini,namun untuk martabak telur mini ini  hanya dibuat ketika ada pesanan karena bahan-bahannya tidak bisa disimpan lama.

Proses pembuatan tahu ini pun cukup cepat, sekitar 2 jam dari pengadonan hingga pengukusan. Dalam proses pembuatan tahu walik tak sama dengan membuat bakso.

 

Tahu walik sebelum diisi, bagian dalam tahu dibalik sehingga kulit dalamnya berada di luar. Ketika digoreng dalam minyak panas, tahu menjadi renyah dan kriuk, menciptakan tekstur unik yang disukai banyak pelanggan.

 

"Bahan yang digunakan adalah tahu pong, yang bagian isinya dibalik sehingga kering dan renyah saat digoreng," jelas Intan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: