Mantan DPD RI Sumsel Mendaftar

Mantan DPD RI Sumsel Mendaftar

\"DENDI,BENGKULU, BE - Calon anggota Dewan Perwakilan Daerah Repbublik Indonesia (DPD RI) dari Daerah Pemilihan (Dapil)  Provinsi Bengkulu terus bermunculan. Jika sebelumnya mantan Walikota Bengkulu Ahmad Kanedi, anggota DPD RI Bambang Soersoso, mantan Sejken MPR Rahimullah, mantan Wabup RL Iqbal Bastari dan aktivis LSM Radianto Star ST resmi telah mendaftarkan diri ke KPU, kemarin siang, giliran mantan DPD RI Sumatera Selatan (Sumsel), Dr Ir H Ruslan Wijaya SE MAP, ikut mendaftarkan diri sebagai calon DPD ke KPU Provinsi Bengkulu.

Prosesi pendaftaran Radianto cukup unik, dimana kedatangan Ruslan dan rombongan diiringi belasan sepeda ontel dengan mengenakan seragam pakaian petani Bengkulu. Sedangkan Ruslan sendiri menggunakan pakaian adat Rejang.

Ruslan tidak hanya didampingi oleh tim pemenangannya, melainkan juga didampingi oleh anggota DPR RI Dapil Bengkulu, H Mahyudin Shobri SE. Saat pendaftaran itu, Ruslan diterima oleh Kepala Bagian Hukum KPU Provinsi Bengkulu, Junaidi SH dan staf KPU. Ketua KPU sendiri tengah dinar luar dan komisioner lainnya sedang mengikuti tes wawancara calon KPU di hotel  Nala Pantai Panjang. Dalam pendaftaran itu, Ruslan menyerahkan dukungan sebanyak 2.433 lembar fotocopy KTP.

\"Saya sebagai putra daerah Bengkulu merasa terpanggil untuk ikut berkontribusi membangun Bengkulu ini, karena saya sudah memiki pengalaman sebagai anggota DPD di Sumsel periode 2004-2009,\" kata Ruslan usai pendaftaran.

Ruslan mengaku, ia maju sebagai calon DPD berangkat dari slogan Pemilu 2014 yang digaungkan oleh KPU pusat, yakni jujur dan adil. Sedangkan ia sendiri memaknai bahwa adil adalah adil dalam keterwakilan. Menurutnya, Pemerintah sendiri telah mengundang-undangkan bahwa keterwakilan prempuan harus 30 persen. Demikian juga halnya Pemilu di Bengkulu harus adil dalam keterwakilan, karena di Bengkulu sendiri terdapat 4 suku besar, yakni Rejang, Serawai, Lembak dan Jawa.

\"Sudah 2 periode sejak DPD didirikan, orang dari suku Rejang belum pernah duduk sebagai anggota DPD, padahal sukunya sangat besar. Kalau bisa, 1 orang saja dari Rejang sudah cukup agar adil dalam keterwakilan bisa dipenuhi,\" sampainya.

Ruslan mengaku bahwa kewenangan DPD tidak terlalu kuat seperti DPR, namun ia memiliki komitmen untuk menjalin hubungan personal dengan para wakil rakyat yang duduk di DPR RI. \"Jika memiliki hubungna itu mudah-mudahan bisa membawa pembambangunan ke Bengkulu.

Kebetulan saya sudah memiliki banyak pergaulan sejak menjabat sebagai anggota DPD Sumbsel seperti Hatta Rajasa, Taufik Kemas dan Ketua DPR RI Marzuki Alie. Jika orang-orang itu bisa kita bawa ke Bengkulu, maka akan memberikan dampak positif bagi Bengkulu, dan ini terbukti  saya berhasil mendatangkan Marzuki Alie datang ke Bengkulu hanya meresmikan LP3M yang saya dirikan beberapa waktu lalu,\" paparnya.

Selain itu, ia juga akan memperjuangkan masalah pertanian. Karena ia sendiri merupakan insinyur pertanian.  \"Saya orang pertanian asli, insyallah pertanian akan menjadi program pokok yang akan saya perjuangkan,\" ucapnya.

Radianto Star Mendaftar Sebelumnya, pada Jumat sore, aktivis LSM Solidaritas Nasional Anti Korupsi dan Makelar Kasus, Radianto Star ST juga ikut mendaftarkan diri sebagai calon DPD ke KPU Provinsi Bengkulu.

Prosesi pendaftaran Radianto cukup sederhana yang hanya ditemani 2 orang tim suksesnya, bahkan kedatanganya pun hanya diterima oleh anggota KPU Aries Munandar SSos MSi dan staf KPU. Dalam pendaftaran itu, Radianto menyerahkan dukungan sebanyak 2.260 lembar fotocopy KTP.

\"Saya merasa terpanggil untuk menjadi anggota DPD dari Dapil Bengkulu, karena banyak hal bisa diperbuat demi kemajuan Bengkulu melalui kursi DPD,\" kata Radianto.

Ia mengaku, cukup prihatin dengan kondisi Bengkulu yang belum mengalami perkembangan yang signifikan dari tahun ke tahun. Padahal Bengkulu memiliki potensi yang masih memerlukan perjuangan ditingkat pusat.

\"Sampai hari ini banyak banyak potensi yang belum digali dan aspirasi masyarakat yang belum dibawa ke tingkat nasional. Berangkat dari fenomena tersebut,  membuat langkah saya semakin mantap untuk mencalonkan sebagai anggota DPD,\" ungkapnya optimis.(400)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: