Pupuk Kompos dari Kulit Kopi, Ini Cara Membuatnya

Pupuk Kompos dari Kulit Kopi, Ini Cara Membuatnya

Cara Membuat Kompos dari Kulit Kopi-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Kulit kopi, atau limbah dari proses pengupasan biji kopi, bisa dimanfaatkan sebagai bahan organik untuk membuat pupuk kompos yang kaya akan nutrisi bagi tanaman. 

Kulit kopi memiliki kandungan karbon tinggi, sehingga sangat baik untuk memperkaya kompos. Selain itu, kulit kopi mengandung nitrogen, kalium, fosfor, dan berbagai mikroorganisme yang bermanfaat untuk memperbaiki struktur tanah dan meningkatkan kesuburan. Berikut cara membuat pupuk kompos dari kulit kopi:

BACA JUGA:Pupuk dari Air Kulit Pisang, Ini Manfaatnya bagi Tanaman

BACA JUGA:Manfaat Kulit Pepaya, Baik untuk Pupuk Tanaman

Manfaat Kulit Kopi sebagai Pupuk Kompos:

- Kaya Nutrisi: Kulit kopi mengandung nitrogen (sekitar 2%), fosfor, kalium, dan bahan organik yang penting untuk pertumbuhan tanaman.

- Memperbaiki Struktur Tanah: Penggunaan kompos dari kulit kopi dapat meningkatkan bahan organik di dalam tanah, menjadikannya lebih gembur dan kaya akan nutrisi.

- Meningkatkan Aktivitas Mikroorganisme: Kulit kopi mendukung aktivitas mikroba baik di dalam tanah yang membantu proses dekomposisi bahan organik dan mendukung pertumbuhan tanaman.

- Mempercepat Proses Dekomposisi: Kandungan nitrogen dalam kulit kopi membantu mempercepat proses pembusukan bahan organik lain dalam kompos.

BACA JUGA:Manfaat Kulit Lemon, Bagus untuk Pupuk Tanaman

BACA JUGA:Manfaat Lumut, Juga Bisa Dijadikan Sebagai Pupuk Tanaman

Cara Membuat Pupuk Kompos dari Kulit Kopi:

1. Bahan-bahan:

- Kulit kopi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: