Ciri-Ciri Shockbreaker Motor Rusak & Perkiraan Biaya Servis

Ciri-Ciri Shockbreaker Motor Rusak & Perkiraan Biaya Servis

Shockbreaker atau suspensi adalah salah satu komponen penting dalam sistem kendaraan, termasuk motor. -Pinterest-

BACA JUGA:8 Penyebab Kenapa Rem ABS Kurang Maksimal

5. Terdengar bunyi hentakan

Pernahkah Anda mendengar suara bletak-bletak... dari kendaraan motor ketika berada di jalan raya? Lebih buruk dari sekadar gredek, suara tersebut dapat didengar lebih nyaring dan terjadi pada bagian shockbreaker motor.

Kondisi ini kerap dirasakan pengendara ketika melewati polisi tidur ataupun lubang-lubang di jalan raya. Lantaran shockbreaker tidak bekerja maksimal pegasnya, terjadi hantaman antara komponen dan memunculkan suara keras.

6. Performa peredaman buruk

Ciri-ciri shockbreaker motor rusak berikutnya bisa dilihat dari pengalaman yang mungkin dirasakan pengendara. Performa peredaman yang buruk akan meningkatkan getaran motor.

Oleh sebab itu, pemotor akan merasakan ketidaknyamanan mereka ketika berkendara. Pegas yang tidak baik pun bisa menimbulkan kerasnya hentakan, sehingga tubuh pengendara mengalami guncangan yang lebih besar.

Mengetahui ciri-ciri shockbreaker yang rusak sangat penting untuk menjaga kenyamanan dan keselamatan berkendara. 

BACA JUGA:Ini Dia 5 Penyebab dan Cara Mengatasi Kebocoran Oli pada Motor

BACA JUGA:8 Penyebab Kenapa Rem ABS Kurang Maksimal

Jika Anda mengalami salah satu atau beberapa gejala di atas, segera periksakan motor Anda ke bengkel untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Perawatan dan penggantian shockbreaker yang tepat waktu akan membantu memastikan motor Anda tetap dalam kondisi baik dan aman saat digunakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: