4 Kecamatan Dapat PKH

4 Kecamatan Dapat PKH

\"pkh2\"TAIS, BE- Sebanyak 4 kecamatan dari 14 kecamatan yang ada di kabupaten Seluma, dipastikan mendapatkan Program Keluarga Harapan (PKH). Yakni Kecamatan Talo, Talo Kecil, Seluma Timur dan Kecamatan Sukaraja. Sebelumnya diusulkan sebanyak 10 kecamatan, namun hanya empat kecamatan yang disetujui mendapatkan PKH tahun 2013 ini.

“Usulan kita 10 kecamatan namun ternyata hanya 4 desa yang disetujui oleh pusat dalam progran keluarga harapan ditahun 2013 ini,” terang  Kepala Dinas  Sosial Kabupaten Seluma Drs H Rusyikin.

Dijelaskannya, dari empat kecamatan tersebut sebanyak 1000 lebih keluarga harapan akan mendapatkan program bantuan dana melalui PKH. Untuk keluarga yang lengkap yakni memiliki anak usia sekolah, kemudian balita, dan ibu menyusui, maka akan diberikan bantuan dana sebesar Rp 2,2 juta. Bantuan dana akan disalurkan pada triwulan keempat tahun ini.

Nantinya, datanya yang akan diverifikasi oleh petugas Dinas Sosial, akan membutuhkan sejumlah tenaga sarjana sebagai pendamping PKH. “Setidaknya program ini berjalan dapat memberdayakan tenaga Sarjana untuk dijadikan sebagai pendamping PKH dalam melakukan tugasnya. Selain itu juga sejumlah sarjana yang belum mendapatkan pekerjaan dapat untuk mendatanggi dinas Sosial,” katanya.

Tenaga yang dibutuhkan sedikitnya berjumlah 6 orang yang akan dikontrak kerja selama 4 tahun. Menurutnya, setelah direkrut pendamping PKH, kemudian data PKH yang sebelumnya sudah diserahkan ke Kementrian Sosial akan diverifikasi lagi. Karena bisa saja sudah ada perubahan data, dan keluarga yang akan dibantu sudah tidak miskin. Karena syarat utama penerima dana PKH adalah keluarga miskin, sehingga untuk yang sudah sejahtera tidak diloloskan menerima dana bantuan PKH.

“Setidaknya banyak manfaat yang dapat dari program dari kerja ini seluruh pihak akan kita libatkan juga. Terpenting mereka mendapatkan bantuan adalah benar-benar miskin,” terangnya. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: