Ini 10 Penyebab Gigi Nyilu yang Sering Tidak Disadari

Ini 10 Penyebab Gigi Nyilu yang Sering Tidak Disadari

Penyebab gigi nyilu yang tidak disadari -Pinterest: noticiasaominuto-

BACA JUGA:Lebih Terjaga Keasliannya, Begini Cara Membuat Minyak Kelapa Sendiri di Rumah

3. Gusi yang Menyusut (Recesi Gusi)

Penyusutan gusi dapat menyebabkan akar gigi terbuka. Bagian akar gigi ini tidak dilapisi enamel, sehingga lebih mudah teriritasi oleh makanan atau minuman, yang mengakibatkan rasa ngilu.

4. Bruxism (Kebiasaan Menggemeretakkan Gigi)

Bruxism adalah kebiasaan menggemeretakkan gigi, terutama saat tidur. Kebiasaan ini dapat menyebabkan gigi terkikis secara perlahan, memperlemah enamel, dan menyebabkan sensitivitas.

5. Gigi Retak atau Patah

Retakan kecil pada gigi, meskipun tidak terlihat jelas, bisa memicu rasa nyilu saat terkena tekanan atau suhu ekstrem. Jika tidak segera diatasi, retakan ini bisa melebar dan merusak struktur gigi.

6. Pemakaian Produk Pemutih Gigi

Produk pemutih gigi yang mengandung bahan kimia keras (seperti hidrogen peroksida) dapat menyebabkan iritasi pada gigi dan meningkatkan sensitivitas, terutama jika digunakan secara berlebihan atau tanpa pengawasan dokter.

BACA JUGA:Lebih Terjaga Keasliannya, Begini Cara Membuat Minyak Kelapa Sendiri di Rumah

BACA JUGA:Pupuk Organik dari Ampas Kelapa Parut, Ini Manfaatnya Bagi Tanaman

7. Gigi Sensitif Setelah Perawatan Gigi

Beberapa perawatan gigi, seperti tambalan, pemasangan mahkota, atau pemutihan gigi, dapat menyebabkan gigi menjadi lebih sensitif untuk sementara waktu. Ini biasanya terjadi karena saraf gigi teriritasi selama proses perawatan.

8. Penumpukan Plak dan Tartar

Penumpukan plak yang tidak dibersihkan dapat menyebabkan inflamasi pada gusi dan memicu gusi menyusut. Hal ini membuka akar gigi dan menyebabkan rasa nyilu ketika terkena rangsangan eksternal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: