DKKP Bangun BBI

DKKP Bangun BBI

BENTENG,BE - Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) berencana membangun Balai Benih Ikan (BBI). Pelaksanaannya direalisasikan pada tahun anggaran 2013 ini juga. Proyek yang menyedot anggaran miliyaran rupiah itu, dananya bersumber dari bantuan pemerintah pusat.

\"Jika ada lahannya, pemerintah pusat siap mengucurkan anggaran pembangunan BBI itu. Saat ini, tengah kita koordinasikan ke Pemda,\" kata Kadis DKPP Anzori Tawakal S.Tp.

Jika proyek pembangunan BBI itu sukses maka bisa mememnuhi kebutuhan bibit ikan air tawar di Bumi Maroba Kite Maju ini. Terkait wilayah Benteng memang berpotensi untuk pengembangbiakan perikanan air tawar. Lokasinya,seperti, di Kecamatan Pondok Kelapa.

Ikan yang sedang dibudidayakan Ikan Lele. \"Jika BBI ini sudah dibuka, hasilnya  tak hanya memenuhi kebutuhan benih di Benteng, namun diperkirakan dapat juga dijual ke daerah tetangga,\" jelasnya.

Anzori menjelaskan pemerintah pusat tak hanya bersedia memberikan dana pembangunan  BBI saja, namun juga termasuk memberikan bibit indukan pembibitan ikan air tawar tersebut.

Untuk tahap awal ini, DKPP Benteng berupaya menyediakan lahan BBI. Lahan tersebut sudah diusulkan ke Pemerintah daerah, untuk secepatnya dialokasikan dananya. Karena lahan merupakan syarat awalnya.  \"Saat ini kita tengah mencari lahan yang tepat,\" terangnya. (111)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: