Sayang Dilewatkan! Ini Manfaat Krim Malam untuk Wajah

Sayang Dilewatkan! Ini Manfaat Krim Malam untuk Wajah

Meski krim malam baik untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit wajah, pilihlah krim malam yang sesuai dengan jenis kulit.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Krim malam umumnya digunakan sebagai bagian dari perawatan kulit wajah pada malam hari. Selain menjaga kelembapan kulit, Krim malam juga diketahui mampu menyamarkan noda hitam serta mengurangi tanda-tanda penuaan.

Perawatan wajah tidak hanya dilakukan pada pagi hari sebelum beraktivitas, tetapi juga malam hari sebelum tidur. Ini karena saat malam hari, tubuh akan memperbaiki sel dan jaringan yang rusak, tak terkecuali kulit wajah. Salah satu produk yang digunakan untuk merawat kulit pada malam hari adalah Krim malam. Jenis krim ini dipercaya mampu menutrisi kulit lebih dalam, sehingga proses regenerasi sel kulit wajah pun dapat berjalan lebih optimal.

BACA JUGA:Begini Cara Menghilangkan Tato permanen yang Aman

Kandungan Krim Malam
Sebenarnya, krim malam memiliki kandungan yang serupa dengan krim wajah pada umumnya. Namun, krim malam telah diformulasikan secara khusus untuk lebih mudah menyerap ke dalam kulit.Berikut ini adalah beberapa kandungan penting yang harus terkandung di dalam krim malam:

- Asam alfa-hidroksi (AHA) dan asam beta-hidroksi (BHA)
- Vitamin C
- Vitamin E
- Asam hialuronat
- Asam glikolat
- Ceramide
- Retinol
- Gliserin
- Resveratrol

Selain bahan-bahan di atas, kandungan krim malam juga dapat dikombinasikan dengan berbagai kandungan, seperti niacinamide, squalane, ekstrak kunyit, madu, shea butter, asam kojic, dan berbagai kandungan lainnya.

BACA JUGA:Inilah Penyebab Muka Berminyak yang Umum Terjadi

Manfaat Menggunakan Krim Malam
Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari menggunakan krim malam secara rutin, yaitu:

1. Menjaga kelembapan dan elastisitas kulit
Mencuci wajah sebelum tidur memang penting dilakukan untuk mencegah munculnya masalah akibat kulit wajah yang kotor. Namun, mencuci wajah tanpa menggunakan pelembap setelahnya justru bisa membuat kulit wajah mudah kering, terutama jika berada di ruangan ber-AC. Menggunakan krim malam secara rutin dapat mencegah dan mengatasi kulit kering pada wajah berkat kandungan asam hialuronat dan gliserin. Dengan demikian, kulit wajah pun akan terjaga kelembapan dan elastisitasnya.

2. Mengurangi minyak atau sebum berlebih pada kulit
Krim malam dapat mengurangi produksi minyak atau sebum berlebih pada kulit. Kandungan retinol dan niacinamide pada krim malam dapat mengurangi dan mengontrol produksi minyak dan sebum, sehingga kulit wajah dapat terbebas dari jerawat yang membandel.

BACA JUGA:Ketahui Keamanan Tindik dan Risikonya bagi Kesehatan

3. Memperbaiki lapisan kulit wajah yang rusak
Kulit wajah yang rusak biasanya dipicu akibat paparan polusi udara, sinar matahari, penggunaan sabun wajah dengan bahan yang tidak ramah bagi kulit, dan stres. Kandungan ceramide pada krim wajah dapat memperbaiki lapisan kulit wajah yang rusak, kering, gatal, berjerawat, iritasi, dan hiperpigmentasi.

Selain kandungan tersebut, pilih krim malam yang memiliki kandungan minyak alami, seperti minyak jojoba, minyak biji bunga matahari, dan minyak chamomile, yang memiliki sifat antiradang dan antioksidan sehingga dapat memperbaiki kerusakan pada lapisan teratas kulit.

4. Menyamarkan kerutan pada wajah
Krim malam dapat menyamarkan kerutan pada wajah. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen akan menurun sehingga muncul garis halus dan keriput pada kulit. Krim malam yang mengandung retinol dan asam hialuronat dapat menstimulasi produksi kolagen, sehingga kerutan pada wajah dapat tersamarkan. Meski demikian, krim malam dengan kandungan retinol sebaiknya digunakan secara bertahap. Pasalnya, retinol berisiko menyebabkan iritasi kulit bila digunakan secara berlebihan, terutama untuk kulit sensitif.

BACA JUGA:Tips Jitu Menggunakan Makeup Mata dengan Aman Tanpa Iritasi

5. Mencegah penuaan dini
Krim malam juga dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini. Biasanya, kondisi ini ditandai dengan kulit wajah yang mengendur, kusam, kasar, muncul bintik hitam, dan pori pori yang membesar. Krim malam yang mengandung retinol, vitamin C, AHA, ceramide, dan asam kojic, dapat menyehatkan kulit serta mencegah penuaan dini.

6. Mencerahkan kulit wajah
Menggunakan krim malam bisa bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah. Kandungan AHA pada krim malam dapat mengangkat sel kulit mati dan menghambat produksi melanin, sehingga kulit tampak lebih cerah. Selain kandungan AHA, gunakan krim malam yang memiliki kandungan vitamin C dan vitamin E, karena kedua kandungan ini dapat mencerahkan kulit kusam.

7. Memutihkan kulit wajah
Rutin menggunakan krim malam yang memiliki kandungan asam kojic dapat membantu memutihkan kulit wajah. Asam kojic dapat berperan sebagai bahan pemutih untuk kulit. Meski begitu, manfaat ini baru bisa diperoleh setelah rutin menggunakan krim malam selama tiga bulan lebih.

BACA JUGA:Tidak Selalu Berbahaya! Ini Penyebab Perut Kencang Saat Hamil Muda

Memilih Krim Malam yang Sesuai dengan Jenis Kulit
Meski krim malam baik untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit wajah, pilihlah krim malam yang sesuai dengan jenis kulit. Bagi Anda yang berkulit kering, disarankan untuk menggunakan krim malam yang mengandung lebih banyak pelembap agar kulit dapat terhidrasi dengan maksimal.

Sementara itu, bagi Anda yang memiliki kulit berminyak atau kulit sensitif, sebaiknya hindari krim malam yang mengandung minyak, karena dapat memicu penyumbatan pori-pori penyebab munculnya jerawat. Agar lebih mudah, Anda bisa memilih krim malam yang berlabel noncomedogenic.Selain menggunakan krim malam, Anda juga perlu menjalankan pola hidup sehat, seperti memenuhi asupan air putih dalam sehari, berhenti merokok, dan hindari stres agar dapat menjaga kesehatan kulit wajah.(bee)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: