Senator Asal Bengkulu, Sultan B Najmudin Terpilih Jadi Ketua DPD RI 2024-2029

Senator Asal Bengkulu, Sultan B Najmudin Terpilih Jadi Ketua DPD RI 2024-2029

Sultan B Najamudin saat bersama anggota DPD RI Dapil Bengkulu, Apt Destita Khairilisani-(foto: istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM -  Sultan Bachiar Najamudin resmi terpilih sebagai Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI periode 2024-2029 setelah memenangkan pemilihan yang digelar Selasa malam di Gedung Nusantara V, Jakarta. 

Dari total 151 suara, Sultan berhasil meraih 95 suara, mengalahkan mantan ketua DPD RI periode sebelumnya La Nyalla Mattalitti yang hanya memperoleh 56 suara.

Dengan kemenangan ini, Sultan yang berasal dari Bengkulu resmi memimpin DPD RI bersama tiga Wakilnya, yaitu GKR Hemas dari DI Yogyakarta, Yorrys Raweyai dari Papua Tengah, dan Tamsil Linrung dari Sulawesi Selatan.

Pemilihan posisi ketua DPD RI berjalan cukup lama dalam sidang paripurna yang digelar sejak Senin, 1 Oktober 2024 sekira pukul 19.00 wib dan berakhir pada pukul 04.00 wib pagi hari.

BACA JUGA:Menang di Pemilu 2024, Sederet Selebriti Mulai Berkantor di Senayan

BACA JUGA:SD Negeri 62 Terbengkalai, Sukatno Janji Cari Solusi

Dikatakan Sultan dengan terpilihnya ia sebagai anggota DPD RI pada pemilu 2024 lalu dan di perkuat pada posisi Bengkulu sebagai ketua menjadikan ia sebagai salah satu tokoh politik nasional yang berpengaruh.

"Kita berkomitmen untuk terus memperjuangkan kepentingan daerah, terutama Bengkulu, di tingkat pusat selama masa jabatan saya," kata Sultan, Rabu (2/10/2024).

Sultan merupakan putra daerah Bengkulu yang lahir di Bengkulu Selatan pada 11 Mei 1979.  Sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua DPD RI periode 2019-2024. Karier politiknya dimulai dari Bengkulu, di mana ia meraih dukungan besar dalam beberapa pemilihan. Seperti pemilihan gubernur hingga menjabat anggota DPD RI selama 3 periode. (Tri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: