Bahan Alami Campuran Pupuk Kompos

Bahan Alami Campuran Pupuk Kompos

Bahan Alami Campuran Pupuk Kompos-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Jika kamu memiliki hobi bercocok tanam, memanfaatkan bahan-bahan alami untuk membuat kompos bisa menjadi cara yang efisien dan ramah lingkungan.

Kompos alami tidak hanya menyuburkan tanah, tetapi juga meningkatkan kesuburan tanaman secara alami. Berikut adalah 7 bahan alami yang dapat digunakan sebagai campuran kompos:

BACA JUGA:Cara Membuat Pupuk Kalium Organik dari Sabut Kelapa

BACA JUGA:Cara Membuat Pupuk dari Pisang

1. Limbah Dapur

Limbah dapur seperti sisa sayur dan buah dapat menjadi bahan utama dalam kompos. Hindari memasukkan bahan yang mengandung lemak atau minyak hewani karena tidak mudah terurai dan dapat menghambat proses pembusukan. Sisa kulit buah, ampas kopi, dan sisa sayur adalah pilihan terbaik untuk menambah nutrisi ke dalam kompos.

2. Potongan Rumput

Potongan rumput mengandung banyak nitrogen yang membantu proses pembusukan. Namun, jika rumput masih hijau, pastikan rumput dikeringkan terlebih dahulu agar tidak menyebabkan campuran kompos menjadi terlalu basah dan berbau. Campurkan rumput kering dengan bahan lainnya agar kompos lebih seimbang.

3. Daun Kering

Daun kering adalah sumber karbon yang baik, namun memerlukan waktu lebih lama untuk terurai. Agar lebih mudah terurai, potong daun kecil-kecil sebelum memasukkannya ke dalam tumpukan kompos. Daun yang diolah menjadi mulsa akan membantu menyimpan kelembapan di tanah dan memberi nutrisi tambahan pada tanaman.

BACA JUGA:Cara Membuat Pupuk Organik Cair dari Kulit Nanas

BACA JUGA:Cara Membuat Pupuk Organik Perangsang Bunga dan Buah

4. Koran

Meskipun koran tidak mengandung banyak nutrisi, ia membantu dalam menjaga tekstur kompos. Sobek koran menjadi potongan kecil dan campurkan dengan bahan organik lainnya. Kertas koran akan terurai lebih cepat, asalkan tidak mengandung tinta beracun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: