Sosialisasi Rencana Pembayaran Bertahap: Pemkot Berikan Informasi JKN

Sosialisasi Rencana Pembayaran Bertahap: Pemkot Berikan Informasi JKN

Pj Sekda Kota Bengkulu Eko Agusrianto membuka Rapat koordinasi sekaligus sosialisasi Rencana Pembayaran Bertahap (Rehab).-(foto: istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM – Pemerintah Kota Bengkulu menggelar sosialisasi Rencana Pembayaran Bertahap (Rehab) untuk peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) pada Selasa, 24 September 2024.

Kegiatan ini berlangsung di Balai Kota Merah Putih dan dibuka oleh Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Kota Bengkulu, Eko Agusrianto. Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai tunggakan iuran Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bagi peserta PBPU Pemda aktif di Kota Bengkulu.

Dalam sambutannya, Eko Agusrianto menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan sinergi antara Pemerintah Kota Bengkulu dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, sejalan dengan amanat undang-undang No 40 tahun 2004 tentang sistem jaminan sosial, undang-undang No 24 tahun 2011 tentang badan penyelenggara jaminan sosial, serta peraturan Presiden No 82 tahun 2018 dan peraturan Presiden No 64 tahun 2020.

BACA JUGA:Pemkot Bengkulu Terapkan Program P5 di Seluruh SD dan SMP

BACA JUGA:Polresta Bengkulu Resmikan Alih Fungsi Kembali Gedung Provos Menjadi Pos Lalu Lintas

Eko Agusrianto menegaskan bahwa Pemkot Bengkulu sangat mendukung program jaminan kesehatan nasional.

Ia menyampaikan bahwa masyarakat yang belum terdaftar dan membutuhkan jaminan kesehatan akan segera didaftarkan dalam program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) yang dikelola oleh BPJS Kesehatan. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa seluruh masyarakat mendapatkan akses terhadap layanan kesehatan yang layak.

“Pertemuan ini juga merupakan bentuk apresiasi atas kerja keras kita bersama, sehingga Pemerintah Kota Bengkulu menerima penghargaan UHC award pada 8 Agustus 2024. Penghargaan ini diberikan atas capaian kepesertaan di atas 98 persen dan tingkat keaktifan peserta di atas 75 persen. Untuk mewujudkan kebahagiaan masyarakat, Pemkot telah menganggarkan iuran kesehatan sebesar Rp 14 miliyar,” jelas Eko.

Hadir dalam kegiatan tersebut sejumlah pejabat penting, antara lain Kepala Bagian Keuangan BPJS Kesehatan Cabang Bengkulu, Zaipan Popiandi, Kepala Bagian Kepesertaan BPJS Kesehatan Cabang Bengkulu, Ricco Hanggara, Plt Asisten I Kota Bengkulu, I Made Ardana, Kepala BPKAD, Yudi Susanda, Kepala Bappeda, Medi Pebriansyah, Kadis Kesehatan, Joni Haryadi Thabrani, serta seluruh camat dan lurah se-Kota Bengkulu.

BACA JUGA:Bahaya Listrik Tinggi di PLTU Teluk Sepang: Ada Korban dan Ketidakpatuhan Hukum

BACA JUGA:Pembangunan Wisata Baru di Beringin Raya Belum Kantongi PBG, Dinas PUPR Layangkan Teguran

Melalui sosialisasi ini, Pemkot berharap semua pihak dapat berkontribusi dalam program jaminan kesehatan nasional, sehingga masyarakat Kota Bengkulu dapat merasakan manfaatnya secara maksimal.(iman)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: