Pemkot Bengkulu Terapkan Program P5 di Seluruh SD dan SMP

Pemkot Bengkulu Terapkan Program P5 di Seluruh SD dan SMP

program P5 Bengkulu, pelajar Pancasila, Kurikulum Merdeka, Disdikbud Bengkulu, proyek pendidikan P5, SD dan SMP Bengkulu-(foto: istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu telah menerapkan Program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di seluruh Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Program ini merupakan inisiatif dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang menjadi bagian dari implementasi Kurikulum Merdeka.

Program P5 bertujuan untuk membentuk pelajar yang memiliki Profil Pelajar Pancasila, yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, mandiri, bergotong-royong, berkebinekaan global, bernalar kritis, dan kreatif.

Pembelajaran berbasis proyek menjadi pendekatan utama dalam pelaksanaan program ini.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Bengkulu, A. Gunawan, menjelaskan bahwa program P5 diharapkan mampu mendampingi proses belajar siswa dan menumbuhkan karakter luhur yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

BACA JUGA:Polresta Bengkulu Resmikan Alih Fungsi Kembali Gedung Provos Menjadi Pos Lalu Lintas

BACA JUGA:Buffer Stok BPBD Kota Bengkulu Aman Hingga Akhir Tahun

"Program P5 ini telah kita terapkan sesuai dengan Kurikulum Merdeka dan Permendikbud Nomor 12 Tahun 2014," ujar Gunawan, Selasa (24/09/2024).

Pelaksanaan P5 memberikan ruang bagi siswa untuk mengembangkan kreativitas, kemandirian, dan kesempatan belajar dari lingkungan sekitarnya.

Siswa juga didorong untuk memasarkan hasil karya dan menampilkan kreativitasnya, sekaligus meminimalisir perundungan dengan penanaman nilai-nilai Pancasila.(iman)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: