Waspadai, Ini Ciri-ciri Anak Kleptomania

Waspadai, Ini Ciri-ciri Anak Kleptomania

Ciri-ciri anak kleptomania -Pinterest: Creative Market -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pernahkah kamu melihat ada seseorang yang mencuri barang tanpa sadar? Tindakan tersebut merupakan tindakan klepto atau kleptomania

Klepto adalah tindakan atau kondisi seseorang yang mengalami dorongan untuk mengambil barang bukan miliknya meskipun barang tersebut tidak dibutuhkan dan berharga.

Bagi kamu yang sering mendengar kasus pencurian atau pengambilan barang yang tidak dibutuhkan mungkin tidak asing dengan istilah ini.

Penyakit ini dapat terjadi pada anak-anak hingga dewasa. Penderitanya akan sulit untuk menahan diri mengambil barang yang bukan miliknya.

Ada sejumlah gejala atau ciri-ciri karakteristik kleptomania pada anak yang dapat diketahui, antara lain:

BACA JUGA:Cara Membuat Pupuk Kompos dari Pelepah Sawit

BACA JUGA:Ini Dia Dampak Generasi Sandwich dan Cara Memutus Rantainya

1. Tidak dapat menahan keinginan mencuri

Penderita kleptomania tidak dapat menahan keinginan mencuri atau mengambil barang bukan miliknya meskipun bukan suatu barang yang berharga dan dibutuhkan.

2. Cemas saat mencuri

Ketegangan dan kecemasan dapat dialami oleh penderita sebelum melakukan pencurian. Jika berhasil mencuri maka perasaan akan puas, senang, namun ada perasaan bersalah, malu, takut tertangkap hingga menyesal.

3. Spontan mencuri

Penderita kleptomania akan mencuci secara spontan dan cenderung tidak direncanakan, berbeda dengan pencuri yang terkadang telah berencana dan melibatkan orang lain.

BACA JUGA:Membuat Pupuk dari Cangkang Telur, Ini Langkah yang Harus Dilakukan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: