Coba Ikuti 8 Cara Ini untuk Atasi Anyang-anyangan Pada Masa Kehamilan

Coba Ikuti 8 Cara Ini untuk Atasi Anyang-anyangan Pada Masa Kehamilan

Cara mengatasi anyang-anyangan pada masa kehamilan -freepik.com -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tidak dapat dihindari pada masa kehamilan, tidak sedikit ibu yang mengeluhkan anyang-anyangan

Anyang-anyangan adalah kondisi di mana seseorang merasakan sensasi ingin buang air kecil secara terus-menerus tetapi hanya sedikit urin yang keluar, sering disertai dengan rasa tidak nyaman atau nyeri saat buang air kecil. 

Pada wanita hamil, anyang-anyangan bisa menjadi masalah yang cukup umum, dan seringkali terkait dengan infeksi saluran kemih (ISK). Meski tidak berdampak buruk, tentu hal ini akan membuat kita tidak nyaman dan sulit untuk melakukan aktivitas harian. 

Oleh karena itu, Anda perlu mengatahui bagaimana cara mengatasi anyang-ayangan yang kerap terjadi pada masa kehamilan. Untuk mengatasi anyang-anyangan saat hamil, kamu bisa mengatasinya dengan cara berikut.

BACA JUGA:Agar Nasi Putih Lebih Sehat untuk Tubuh, dr Zaidul Akbar Bagikan Cara Mengolahnya

BACA JUGA:Hama Menghambat Pertumbuhan Tanaman, Ini 5 Bahan Dapur yang Ampuh Mengatasinya

1. Minum Banyak Air

Mengonsumsi air yang cukup adalah langkah pertama untuk membantu mengatasi anyang-anyangan, meskipun mungkin terdengar kontradiktif. Asupan air yang memadai membantu Anda mengeluarkan bakteri dari saluran kemih. 

Minumlah setidaknya 8-10 gelas air per hari. Hindari minuman berkafein seperti kopi atau teh yang dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil.

2. Kencing Secara Teratur dan Benar

Jangan menahan buang air kecil, meskipun rasanya hanya sedikit urin yang keluar. Menahan buang air kecil dapat memperburuk rasa anyang-anyangan dan meningkatkan risiko infeksi saluran kemih. 

Pastikan Anda buang air kecil sesegera mungkin ketika ada dorongan. Selain itu, buang air kecil hingga tuntas, dengan duduk dan sedikit condong ke depan agar kandung kemih benar-benar kosong.

Saat buang air kecil, cobalah untuk relaks dan jangan terburu-buru. Beri waktu agar urin keluar sepenuhnya.

BACA JUGA:Kerap Kurang Diperhatikan, Berikut 9 Makanan yang Bantu Jaga Kesehatan Mata

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: