Bacaleg Provinsil Masih Nihil

Bacaleg Provinsil Masih Nihil

\"kpu\"BENGKULU, BE - Hingga kemarin, hari ketiga masa pendaftaran, belum satu Parpol mendaftarkan Bacaleg DPRD Provinsi ke KPU Provinsi Bengkulu. Hal ini diakui Sekretaris KPU Provinsi Bengkulu, Karmawanto MPd. \"Sampai hari ini (kemarin,red) belum ada parpol yang mendaftar,\" katanya saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin.

Karmanto mengungkapkan, belum ada parpol yang mendaftarkan para Bacaleg itu, diperkirakan masing-masing parpol masih melengkapi berbagai persyaratan yang ditetapkan KPU. Bahkan, tak menutup kemungkinan pendaftaran akan gencar dilakukan parpol sudah di atas tanggal 15 April. \"Waktu pendaftarannya sampai tanggal 22 April. Mungkin mulai Senin (15/4) sudah banyak parpol yang mendaftar,\" ujarnya.

Ia mengaku sejauh ini sudah ada beberapa partai yang mendatangi KPU Provinsi. Kedatangan pengurus parpol tersebut bukan ingin mendaftar, melainkan hanya sebatas konsultasi tentang beberapa persyaratan yang ditentukan.  Sementara itu, informasi yang beredar menyebutkan bahwa belum ada parpol yang mendaftarkan diri tersebut karena kesulitan memenuhi kuota perempuan sebanyak 30 persen.

Selain itu, juga dikarenakan penyusunan caleg perempuan harus menggunakan formasi  2 laki-laki dan  1 perempuan. \"Nomor urutnya tidak boleh perempuan diletakkan pada nomor urut terakhir. Tapi formasinya jika nomor 1 dan 2 laki-laki, maka nomor 3 wajib perempuan, demikian seterusnya,\" tandasnya.

Dikonfirmasi, beberapa pimpinan parpol di Bengkulu membantah kesulitan mendapatkan perempuan 30 persen tersebut, bahkan banyak pengurus parpol yang memiliki caleg perempuan  melebihi kuota.  Seperti penyataan dari PKB; \"Kami tidak kekurangan caleg prempuan, bahkan berlebih,\" ungkap Ketua DPW PKB, Herliardo SAg. (400)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: