Kenali 6 Manfaat Makan Sayur Acar untuk Kesehatan

Kenali 6 Manfaat Makan Sayur Acar untuk Kesehatan

Acar adalah jenis awetan makanan yang pada prosesnya menggunakan cuka dan air garam untuk membuat cita rasa segar. -Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sebagian orang mungkin sudah mengenl yang namanya sayur acar. Sayur acar, sering kali ditemukan sebagai pelengkap pada berbagai hidangan, bukan hanya memberikan cita rasa yang segar dan asam, tetapi juga menyimpan berbagai manfaat kesehatan. 

Dalam proses pembuatan acar, sayuran seperti wortel, mentimun, dan kol diawetkan dalam larutan cuka, garam, dan bumbu-bumbu alami.

Proses ini tidak hanya memperpanjang umur simpan sayuran tetapi juga mengubah sifatnya menjadi lebih bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Ada beberapa manfaat sayur acar yang bisa Anda dapatkan jika mengonsumsinya dengan porsi yang tepat. Berikut manfaat acar untuk kesehatan.

BACA JUGA:5 Makanan Ini Ternyata Bisa Membuat Badan Tak Sehat, Berikut Penjelasan dr Zaidul Akbar

BACA JUGA:Kaya Akan Kandungan Nutrisi Baik, Inilah 10 Manfaat Kapulaga Untuk Kesehatan

1. Meningkatkan kesehatan pencernaan dan mencegah infeksi 

Sayur acar, terutama yang difermentasi, mengandung probiotik alami dari proses fermentasi. 

Probiotik adalah bakteri baik yang mendukung keseimbangan mikrobiota usus, meningkatkan kesehatan pencernaan, dan membantu mencegah gangguan pencernaan seperti sembelit dan diare.

Selain itu, cuka yang digunakan dalam acar memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mengurangi risiko infeksi dan memperpanjang umur simpan sayuran.

2. Melawan radikal bebas

Sayur acar mengandung banyak nutrisi antioksidan yang berbeda, seperti vitamin C dan beta-karoten. Antioksidan membantu tubuh melawan serangan radikal bebas penyebab berbagai penyakit kronis.

Kedua bahan ini sering hilang jika dipanaskan. Namun jangan khawatir karena proses fermentasinya tidak menggunakan suhu tinggi sehingga kandungan nutrisi pada sayuran tetap sama.

BACA JUGA:Ingin Punya Kulit Glowing Seperti Artis Korea Tanpa Perawatan Mahal, dr Zaidul Akbar Sarankan Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: