Pemilihan Ban Honda Saat Cuaca Extreme

Pemilihan Ban Honda Saat Cuaca Extreme

\"ban\"MEMASUKI musim penghujan dengan kondisi cuaca yang bisa berubah tiba-tiba, tentu pengendara sepeda motor harus melakukan persiapan ekstra. Perhatikan kondisi badan supaya tetap fit sehingga konsentrasi berkendara tetap terjaga. Jangan lupakan juga kesiapan sepeda motor. Perhatikan bagian electrical supaya soket kabel tidak mudah disusupi air yang berujung pada konsleting.  Perhatikan pula fungsi sistem penerangan kendaraan Anda, baik lampu depan, lampu belakang dan lampu sein.  Nyalakan lampu selama dalam perjalanan termasuk saat turun hujan.

Hal ini dilakukan supaya pengendara lain bisa mengetahui keberadaan kita. Bagian yang tidak kalah pentingnya adalah ban.  Yup, karena karet bundar ini bisa dikatakan sebagai pijakan sepeda motor ke aspal. Tentu tugas yang diembannya cukup berat karena harus menopang bobot kendaraan sekaligus pengendaranya, serta menjaga kestabilan laju sepeda motor itu sendiri.

Langkah pertama, perhatikan tingkat keausan ban pada thread wear indicator (TWI) yang biasanya ditandai dengan tanda segitiga pada dinding ban. Jika kedalaman alur ban sudah sejajar dengan TWI segera ganti ban Anda, supaya fungsi alur ban sebagai saluran pembuangan air tetap berfungsi maksimal. Pilih tipe ban dua fungsi, yakni yang bisa digunakan pada track kering dan basah sekaligus. Sehingga kemampuan ban mencengkram aspal tetap berfungsi dengan baik. Hindari penggunaan ban tipe kering saat hujan dan sebaliknya, tentu fungsi ban jadi kurang maksimal. Perhatikan ukuran ban yang Anda gunakan.

Jangan coba berjudi dengan menggunakan ban ukuran kecil seperti kebanyakan pengguna skutik yang pakai velg ring 17 inci. Singkirkan dulu ban jenis ini, pasang kembali velg dan ban standar Anda. Ukuran ban standar tentu lebih baik karena pabrikan sepeda motor telah memperhitungkan keadaan seperti sekarang ini. Jaga selalu tekanan ban Anda, sebaiknya kurangi sekitar 5 psi untuk setiap  ban dari rekomendasi pabrikan. Hal ini dilakukan agar tapak ban yang bersentuhan dengan aspal menjadi lebih lebar. Dengan demikian sepeda motor Anda tetap memiliki grip yang maksimal kala hujan.

Bagi Anda pengendara sepeda motor Honda, PT. Astra Honda Motor (AHM) selaku produsen Honda, telah menyediakan ban khusus motor Honda berlabel Honda Genuine Tire. Ban ini telah menjalani proses pembuatan yang panjang dan didesain untuk menghadapi segala jenis cuaca, baik kering maupun basah. Honda Genuine Tire tersedia untuk semua tipe motor Honda baik skutik, bebek dan sport. Ban resmi sepeda motor Honda ini terhitung berumur panjang, dengan masa pakai hingga 20.000 km pada pemakaian normal.

Desain kembangan Honda Genuine Tire didesain mampu membuang air dengan sempurna saat melibas jalan basah dan genangan air. Namun tetap memiliki grip maksimal kala melintas di jalan kering. Kestabilan sepeda motor tetap terjaga karena compound karet berkualitas tinggi dengan dinding ban yang kokoh. Pilih ban terbaik dengan kualitas tinggi, dan rawat ban motor Anda sedini dan setepat mungkin, untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Selamat berkendara! (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: