Khasiat Buah Mentega yang Bagus untuk Kekebalan Tubuh

Khasiat Buah Mentega yang Bagus untuk Kekebalan Tubuh

Buah mentega mengandung fenol yang dinilai dapat mencegah kanker.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Buah mentega mungkin terdengar asing bagi banyak orang. Padahal, buah ini kaya akan antioksidan yang baik untuk tubuh. Tidak hanya itu, Buah mentega juga mengandung banyak nutrisi lain sehingga dapat memberikan beragam manfaat bagi kesehatan.

BACA JUGA:12 Vitamin Ini Berperan Penting bagi Reproduksi Pria dan Wanita

Mabolo, bisbul, kamagon, atau velvet apple adalah sebutan lain dari buah mentega, sedangkan nama ilmiahnya adalah Diospyros blancoi. Di Indonesia, banyak orang menyebut buah ini sebagai buah mentega karena jika Anda belah, warna daging buahnya mirip seperti mentega.
 
Buah ini berasal dari pohon buah mentega yang banyak ditemukan di negara Filipina. Jika Anda perhatikan, buah langka ini mirip dengan apel atau kesemek karena masih dalam satu famili. Selain manis dan harum, buah satu ini kaya kandungan gizi sehingga banyak orang yang percaya jika buah ini memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Buah yang mirip apel ini memiliki rasa manis yang legit, sehingga cocok untuk Anda nikmati sebagai pencuci mulut atau camilan. Selain itu, buah satu ini ternyata memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

BACA JUGA:Terapi Hormon Salah Satu Cara Agar Anak Cepat Haid

Buah mentega (Diospyros blancoi) sebenarnya dapat ditemukan di seluruh bagian Indonesia. Namun, keberadaan pohonnya saat ini sudah mulai langka sehingga hanya sedikit orang yang mengetahuinya. Buah mentega berwarna jingga di bagian luar dan putih di bagian dalam dengan tekstur daging buah yang lembut seperti mentega. Seluruh permukaan buah tertutup oleh bulu lembut sehingga ada juga yang menyebutnya buah beludru.

Buah mentega dipercaya memiliki beragam manfaat kesehatan yang diperoleh dari berbagai kandungan di dalamnya, seperti:
- Protein
- Lemak
- Karbohidrat
- Serat
- Kalsium
- Fosfor
Selain itu, buah mentega juga mengandung zat besi, vitamin A, vitamin C, dan antioksidan yang tinggi.

BACA JUGA:Begini Posisi Duduk Yang Benar dan Manfaatnya untuk Tubuh

Berbagai Manfaat Buah Mentega untuk Kesehatan
Berkat beragam kandungan nutrisinya, ada berbagai manfaat buah mentega untuk kesehatan, yaitu:

1. Meredakan penyakit kulit
Buah mentega memiliki kandungan antijamur yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai penyakit kulit akibat infeksi jamur. Manfaat ini didukung oleh sebuah penelitian yang menyatakan bahwa buah mentega mampu mengatasi panu dan dermatofitosis yang disebabkan oleh jamur.

2. Menurunkan kadar gula darah
Dalam sebuah penelitian pada hewan, buah mentega memiliki efek antidiabetes yang dapat menurunkan kadar gula darah. Khasiat ini menunjukkan bahwa buah mentega mempunyai potensi sebagai obat diabetes.

BACA JUGA:Khasiat Minyak Jarak yang Kaya untuk Kesehatan Dan Kecantikan Tubuh

3. Melindungi dari paparan sinar matahari
Tidak hanya dikonsumsi, buah mentega juga kerap digunakan sebagai bahan dalam produk tabir surya sehingga mampu melindungi kulit dan mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Manfaat ini berasal dari kandungan antioksidan, seperti tanin, flavonoid, dan fenol.

4. Menjaga kesehatan pencernaan
Kandungan serat dalam buah mentega cukup tinggi, sehingga mampu membantu mencukupi kebutuhan serat sehari-hari. Hal ini baik untuk menjaga kesehatan saluran cerna dan mencegah sembelit atau sulit buang air besar.

BACA JUGA:Lelah Kerja Bisa Jadi Itu Burnout Syndrome, Berikut Ciri-Cirinya!

5. Meningkatkan daya tahan tubuh
Kandungan vitamin C di dalam buah mentega baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Dengan sistem imun yang baik, tubuh lebih mudah melawan virus, bakteri, atau jamur yang menginfeksi tubuh.

6. Mencegah kanker
Buah mentega mengandung fenol yang dinilai dapat mencegah kanker. Fenol merupakan salah satu jenis antioksidan yang mampu mencegah kerusakan sel dan mencegah pertumbuhan sel berlebihan seperti yang terjadi pada sel kanker. Meski manfaat buah mentega cukup baik untuk kesehatan, penelitian yang mendalam masih diperlukan guna menilai efek samping buah mentega. Selamat mencoba.(bee)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: