Eks Sekjen MPR Ikut Bertarung

Eks Sekjen MPR Ikut Bertarung

\"CalonBENGKULU, BE - Persaingan menjadi anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari Daerah Pemilihan (Dapil) Provinsi Bengkulu diprediksi berlangsung sengit. Tak hanya diikuti tokoh lokal dan incumbent, tapi juga diikutitokoh nasional seperti mantan  Sekretaris Jenderal MPR RI sekaligus mantan Sekjen DPD RI, Dr H Rahimullah SH MSi.

Sekitar pukul 14.00 WIB, kemarin Rahimullah resmi mendaftarkan diri ke KPU Provinsi Bengkulu, dengan jumlah dukungan yang diserahkan mencapai 2.555 lembar fotocopy KTP. Pendaftaran Rahimullah  ini berbeda dengan pendaftaran Bambang Soeroso dan H Ahmad Kanedi sebelumnya. Prosesi pendaftaran Rahimullah  cukup sederhana, hanya  didampingi beberapa orang keluarganya. Rahimullah ini diterima Ketua KPU provinsi, Soemarno MPd bersama 3 orang komisioner lainnya.

Diwawancarai usai pendaftaran, pria asal Rejang itu  mengaku itikad menjadi anggota DPD karena terpanggil untuk memperjuangkan daerah kelahirannya ke tingkat nasional. Karena selama ini ia menilai anggota DPD belum mengenrti tentang fungsi DPD yang sesungguhnya, sehingga nyaris tidak memberikan kontribusi terhadap daerah pemilihannnya.

\"Fungsi DPD itu sangat stragis untuk memperjuangkan aspirasi daerah ke tingkat nasional. Selama ini anggota DPD banyak yang tidak mengerti fungsinya, mereka hanya mengkritik pemerintah daertahnya di tingkat pusat bukan malah memperjuangkan daerahnya,\" ungkapnya dengan nada prihatin.

Menurutnya, DPD tidak sewajarnya mengkritisi daerahnya di tingkat nasional,  karena pemerintah daerah adalah mitra DPD untuk memperjuangkan kebutuhan daerah ke pemerintah pusat.

\"Cara pandang ini yang akan kita rubah, agar senantor DPD nantinya dapat melanjalan tugas sesuai dengan fungsinya, yakni fungsi legislasi, pengawasan dan pertimbangan,\" sampainya.

Ia pun berjanji, jika diberikan amanah oleh masyarakat Provinsi Bengkulu, ia siap menjembatani apa yang dibutuhkan oleh pemerintah dan masyarakat Bengkulu.

\"Menurut saya ada beberapa hal yang perlu dibenahi dan perlu diperjuangkan di Bengkulu ini, yakni pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), pelayan publik yang belum maksimal dan berbagai kebutuhan infrastruktur lainnya,\" papar Rahimullah.

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Bengkulu Soemarno MPd usai menerima pendaftaran tersebut menjelaskan, semua dukungan yang telah diserahkan oleh calon DPD tersebut  akan dilakukan verifikasi secara ketat konfrehyensif. Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya dukungan ganda atau dukungan dari PNS, dan lainnya.

\"Semua berkas persyatan akan kita periksa secara satu persatu, jika setelah diverifikasi nanti dan ternyata jumlah dukungan yang tersisa kurang dari 2000, maka kita berikan kesempatan untuk memperbaikinya,\" tandasnya.(400) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: